Benarkah Tidur di Ruangan Dingin Kurangi Stres? | Breaktime
Wow, Benarkah Tidur di Ruangan Dingin Kurangi Stres?
15.06.2016

Anda biasa tidur di ruangan yang bagaimana, nih, B’timers? Banyak orang yang baru bisa tidur setelah menyalakan AC, kipas angin atau membuka jendela kamarnya. Bahkan ada yang mengatakan, tidur di ruangan dingin mengurangi stres. Benarkah demikian, B’timers?

Alasan tidur di ruangan dingin lebih baik

Menurut dr Christopher Winter, Direktur Medis di Charlottesville Neurology and Sleep Medicine, kamar tidur setidaknya harus bersuhu 30 hingga 32 derajat celcius. Suhu di atas 37,5 derajat dan di bawah 27 derajat dapat mengganggu kualitas tidur seseorang.

Selama periode 24 jam, suhu tubuh kita secara alami mengalami peningkatan dan penurunan. Ketika Anda tidur, tubuh secara alami menjadi dingin. Menjaga tubuh mendapatkan suhu yang lebih rendah, ternyata dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Benarkah Tidur di Ruangan Dingin Kurangi Stres? | Breaktime
Tidur nyenyak bikin Anda awet muda, lho!

Manfaat tidur di ruangan dingin

Alasan tidur di ruangan dingin mengurangi stres adalah karena Anda akan mendapatkan tidur yang lebih dalam, B’timers. Dalam sebuah penelitian ditemukan, mereka yang tidur di ruangan dingin lebih dapat membakar kalori dan meningkatkan lemak baik. Ini dapat mengurangi resiko penyakit.

Bahkan dengan tidur di ruangan dingin yang membuat Anda terlelap lebih baik, kulit pun mendapatkan manfaat baik, lho. Tidur dalam suhu 30 hingga 34 derajat memungkinkan tubuh melepaskan lebih banyak melatonon, salah satu hormone paling baik untuk anti-penuaan, B’timers.

Cara terbaik dapatkan ruangan yang dingin

Well, seperti yang kita tahu, menyalakan AC bukanlah pilihan yang ekonomis. Lalu bagaimana caranya mendapatkan ruangan yang sesuai dengan suhu yang dianjurkan untuk tidur? Anda bisa menggunakan thermostat yang dapat deprogram untuk membantu mengatur suhu dalam ruangan.

Nah, bagaimana menurut Anda setelah mengetahui bahwa tidur di ruangan dingin mengurangi stres, B’timers? (NO)

Share This Article