Ternyata Mendaki Beri Efek Positif untuk Otak | Breaktime
Wah, Ternyata Mendaki Beri Efek Positif untuk Otak
01.03.2016

B'timers, kegiatan apa yang sedang Anda lakukan saat ini? Mungkin Anda sedang bekerja atau melakukan aktivitas lainnya. Tentu setiap kegiatan bisa terasa menyenangkan, akan tetapi selalu saja ada hambatan yang bisa membuat stres. Kalau sudah begitu, rekreasi adalah hal yang harus Anda lakukan.

Ya, rekreasi adalah salah satu pilihan yang bisa menghilangkan stres terlebih lagi Anda melakukan kegiatan yang memacu adrenalin. Salah satu contoh kegiatan yang memacu adrenalin adalah mendaki. Selain cukup menegangkan, mendaki beri efek positif untuk otak, lho. Kok bisa? Ini alasannya:

Ternyata Mendaki Beri Efek Positif untuk Otak | Breaktime
Mendaki bersama keluarga pasti sangat seru dan menyenangkan

Mendaki menurunkan risiko stres

Mereka yang mengalami stres karena kegiatan sehari-hari akan merasa depresi dan cemas berlebihan. Apabila hal ini tetap dibiarkan bisa menjadi kebiasaan dan sulit hilang, B'timers. Untuk mencegah hal tersebut, sebuah penelitian dilakukan untuk mengatasi stres karena kegiatan sehari-hari. Dalam penelitian tersebut, orang yang melakukan kegiatan di alam seperti mendaki selama 90 menit, maka tingkat stresnya akan menurun dan bahkan pikiran jadi segar kembali.

Mendaki tanpa teknologi meningkatkan salah satu proses otak

Maksud dari poin ini adalah, apabila Anda sedang mendaki tanpa mengaktifkan atau membawa salah satu gadget, maka salah satu proses pada otak akan meningkat. Proses yang meningkat tersebut adalah daya kreatif dalam memecahkan masalah. Hal ini disebabkan karena Anda hanya fokus pada mendaki dan tidak bergantung pada gadget, maka ketika terjadi sebuah masalah Anda akan berpikir lebih kreatif. Itulah mengapa mendaki beri efek positif untuk otak.

Bisa menurunkan ADHD pada anak

ADHD atau disebut juga dengan Attention Deficit Hyperactivity merupakan salah satu kelainan pada otak seseorang. Biasanya ADHD dialami oleh anak-anak dimulai pada usia 4 tahun. ADHD memiliki efek yang cukup buruk pada konsentrasi sehingga anak akan kesulitan memfokuskan perhatian akibat teralihkan sesuatu. Bagi Anda yang ingin sang buah hati terhindar dari ADHD, sangat dianjurkan untuk mengajaknya berpetualang bersama Anda.

Itulah mengapa mendaki beri efek positif untuk otak dan mungkin ini belum Anda ketahui sebelumnya. Tahukah B'timers? Kesehatan baru terasa mahal harganya ketika Anda sedang jatuh sakit. Maka dari itulah, menjaga kesehatan baik fisik maupun mental adalah salah satu hal yang wajib Anda lakukan. (wsu)

Share This Article