Ternyata ini Dampak dari Berburuk Sangka, lho! | Breaktime
Wah, Ternyata ini Dampak dari Berburuk Sangka, lho!
14.06.2016

Hayoo, Anda sering berprasangka negatif terhadap sikap seseorang tidak, nih, B’timers? Hmm, sebagai manusia kita memang tidak mampu terlepas dari yang namanya prasangka. Namun jika hal tersebut dapat mengakibatkan timbulnya diskriminasi, maka harus segera Anda hentikan. Dan ternyata berburuk sangka dapat memberikan dampak negatif, lho, B’timers!

Kesulitan menyelesaikan tugas dengan baik

Orang-orang yang menghabiskan waktu berburuk sangka biasanya sulit untuk fokus pada tugas mereka. Dan hal ini membuatnya tidak mampu menyelesaikan tugas dengan baik, B’timers. Menurut penelitian dari University of Toronto Scarborough ditemukan bahwa mereka yang menjadi korban perasaan sendiri akan merasa sulit untuk berkonsentrasi, bahkan cenderung lebih agresif.

Berubah jadi pribadi yang sangat berbeda

Selama beberapa periode, mereka yang suka berprasangka buruk bisa mempercayai bahwa dirinya berhak untuk mendapatkan sesuatu yang jauh lebih baik daripada yang dia dapatkan saat ini. Namun ini merupakan hal yang sangat merugikan, lho, B’timers. Seseorang yang suka berburuk sangka tanpa fakta yang benar, dia bisa depresi berat karena kekurangan rasa percaya diri.

Ternyata ini Dampak dari Berburuk Sangka, lho! | Breaktime
Buruk sangka bikin tidak bisa fokus kerja

Tidak mampu bekerja sama dengan kelompok

Perilaku berburuk sangka terhadap sesuatu atau seseorang dapat menyebabkan Anda memilih mundur dari hal tersebut. Hal ini dilakukan untuk mencari keamanan menurut diri sendiri. Orang yang suka berburuk sangka biasanya akan menarik diri dari suatu kelompok sosial tertentu, Btimers. Perasaan ini tidaklah menyehatkan, karena akan timbul rasa takut untuk berinteraksi.

Menjadi orang yang mementingkan egonya

Karena perasaan takut berlebihan atas prasangka yang dia susun sendiri dalam pikirannya, orang tersebut akan menutup dirinya dari kehidupan sosial. Bahkan jika orang yang suka berprasangka negatif bisa tiba-tiba menimbulkan konflik dengan orang lain, lho. Dan bagaimanapun berburuk sangka tidak pernah ada manfaat baiknya, ya, B’timers? (NO)

Share This Article