Wah, Reuni Ternyata Berdampak Pada Sisi Psikologis! | Breaktime
Wah, Reuni Ternyata Berdampak Pada Sisi Psikologis!
27.06.2015
“Awards are great, as you get to meet up with friends and colleagues your industry - a sort of reunion.” - Penelope Cruz

Salah satu cara untuk tetap menjalin persahabatan dengan teman-teman di masa sekolah adalah dengan menggelar reuni. Nah, ternyata acara kumpul-kumpul semacam ini punya pengaruh terhadap sisi psikologi Anda, lho. Penasaran? Yuk, simak informasi lengkapnya:

Dampak positif

Reuni bisa pererat tali persahabatan
Reuni bisa pererat tali persahabatan

Banyak sekali dampak positif yang akan bisa Anda dapatkan dari menghadiri acara reuni. Pertama, reuni bisa dijadikan ajang silaturahmi yang akan mempererat jalinan persahabatan secara emosional. Kedua, reuni juga bisa dijadikan sebagai bentuk refleksi diri dengan melihat pencapaian diri sendiri dan juga para sahabat. Anda juga akan menyadari perkembangan dan pencapaian apa yang telah diraih saat ini.

Ketiga, reuni bisa digunakan sebagai salah satu ajang hiburan dan relaksasi. Pekerjaan yang menggunung dan aktivitas yang padat tentu membuat waktu berkumpul bersama para sahabat jadi semakin langka. Maka dari itu, reuni bisa jadi obat bagi kerinduan akan memori yang telah lalu dan juga menjadi hiburan yang sangat mengasyikkan. 

Dampak negatif

Terkadang reuni malah bisa menyakiti diri sendiri
Terkadang reuni malah bisa menyakiti diri sendiri

Sayangnya, reuni juga punya dampak negatif untuk B’timers. Reuni merupakan tempat berkumpulnya mantan pacar, teman yang sudah lama tak berkomunikasi, dan juga rival. Tentu saja, Anda akan merasakan emosi yang bercampur-baur, dan bukan tidak mungkin muncul pula berbagai kenangan buruk. 

Juga, akan ada banyak pertanyaan yang akan dihadapi pada saat melakukan reuni, seperti kapan nikah, kapan punya anak, dan sebagainya. Selain itu, ada juga kemungkinan Anda akan merasa minder dengan pencapaian-pencapaian yang telah diraih teman-teman Anda. 

Bagaimana B’timers? Siap menghadiri reuni atau justru berpikir ulang untuk ikut acara tersebut?

Share This Article