Wah, Kecerdasan Memang Bisa Diwariskan Pada Anak | Breaktime
Wah, Kecerdasan Memang Bisa Diwariskan Pada Anak
30.11.2015

Kecantikan, ketampanan, perilaku, sampai dengan karakter seseorang pastinya dipengaruhi atau merupakan turunan dari orang tua. Lantas bagaimana dengan kecerdasan? Apakah juga didapat dari orang tua?

Secara garis besar belum ada hipotesis yang benar-benar valid tentang intelligence quotient (IQ) itu diturunkan atau tidak. Akan tetapi pada dasarnya, gen orang tua juga mempengaruhi otak pada sang buah hati. Menurut seorang pakar genetika, Dr Anand Saggar, ada peluang dan kemungkinan jika seseorang yang memiliki tingkat IQ tinggi, maka dapat ‘diwariskan’ kepada anak mereka.

Hal tersebut juga dibuktikan dengan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Amerika Serikat, Belanda dan Arab Saudi. Data sample yang mereka gunakan sebagian besar berasal dari National Longitudinal Study of Adolescent Health yang mewakili sekitar 5.000 – 7.000 anak kandung dan lebih dari 200 anak asuh.

Wah, Kecerdasan Memang Bisa Diwariskan Pada Anak | Breaktime
Ada faktor lain yang membentuk kecerdasan anak

Dari penelitian tersebut terungkap bahwa memang ada faktor-faktor lain yang menjadi sumber kecerdasan seorang anak, akan tetapi anak kandung memiliki tingkatan IQ lebih tinggi dibandingkan anak asuh.

Faktor lain yang mempengaruhi kecerdasan atau IQ seseorang adalah berasal dari aktifnya orang tua dalam memberikan pengajaran, sekolah, lingkungan sampai dengan makanan bernutrisi yang diasup sehari-hari. Ditambah lagi karena gabungan faktor-faktor itulah yang akhirnya menjadi jawaban kenapa di era milenia seperti sekarang, anak cenderung lebih pintar dari orang tuanya.

Akan tetapi, dari dua orang tua, menurut B’timers, siapa yang lebih berpotensi untuk menurunkan kecerdasan tersebut?

Di tahun 2009 lalu, menurut neurolog, Adre Mayza, SpK (K), memang benar bahwa dasar pembentukan intelegensi seseorang dipengaruhi 3 hal, yaitu nutrisi, stimulasi dan genetik. Dalam hal genetika, menurutnya, gen dari ibu lebih banyak berperan dalam membentuk kecerdasan anak.

Jadi, dapat dikatakan bahwa kecerdasan seseorang bukan semata-mata merupakan turunan dari orang tua saja, melainkan juga ada faktor-faktor lain yang mendukungnya. (das)

Share This Article