Usir Mood Swing dengan Cara Unik ini | Breaktime
Usir Mood Swing dengan Cara Unik yang Tak Terpikirkan Sebelumnya!
20.11.2015

Mood swing biasanya memang identik dengan kaum Hawa. Para pria pun tak ragu menandainya sebagai fase PMS. Tapi jangan salah, ya, mood swing juga bisa melanda kaum pria, lho. Nah, baik pria ataupun wanita, keduanya sama-sama terlihat mengerikan kalau sedang mengalami mood swing. Apa saja yang bisa B’timers lakukan untuk mengatasi mood swing? Cari tahu, yuk!

Temukan hobi menarik

Mood swing terjadi kalau B’timers kurang melakukan aktualisasi diri. Oleh karena itu, sibukkan diri dengan menekuni hobi kreatif dan produktif. Bergabunglah dengan kelas melukis, kerajinan tangan, zumba, yoga, serta kegiatan lain yang bikin Anda busy like a bee.

Buat badan berkeringat

Kacaunya mood Anda juga disebabkan karena kacaunya sistem hormon dalam tubuh yang memicu rasa cemas dan depresi berlebihan. Namun, tahukah Anda bahwa sejumlah olahraga seperti renang atau lari ternyata memacu produksi hormon seretonin? Hormon inilah yang akhirnya bikin B’timers jadi merasa lebih baik dan terbebas dari incaran mood swing.

Selektif dengan makanan

Usir Mood Swing dengan Cara Unik ini | Breaktime
hindari makanan dengan gula tambahan

Tak hanya kurang gerak, tubuh yang penuh dengan tumpukan “zat sampah” juga bisa bikin mood meluncur naik turun ala roller coaster. Oleh karena itu, pastikan untuk minum air putih secara teratur dan kurangi konsumsi makanan dengan gula tambahan.

Yap, konsumsi makanan manis memang sesaat bisa bikin Anda merasa lebih baik. Tapi selanjutnya, Anda akan kuwalahan mengatasi bad mood tingkat tinggi setelah efek gula menghilang.

Alihkan perhatian

Hanya diri Andalah yang paling tahu kapan mood swing mulai menyapa. Nah, Anda bisa mengacuhkan “sapaannya” dengan mengalihkan perhatian. Nontonlah film kesayangan ditemani dengan camilan sehat atau pergilah ke taman dan nikmati udara segar di sana. Terkadang ada banyak hal ajai di luar ruangan yang bisa bikin Anda bersyukur dan jadi lebih baik.

Jangan pangkas waktu tidur

Usir Mood Swing dengan Cara Unik ini | Breaktime
Tidur yang cukup bantu pikiran lebih tenang

Well, sering begadang hingga larut malam setelah maraton film atau lembur side job bisa bikin mood swing menjadi-jadi, lho. Oleh karena itu, atur ulang rutinitas B’timers dan pastikan Anda punya waktu cukup untuk beristirahat. Tubuh yang segar akan menghadirkan sensasi ketenangan pada otak dan akhirnya menstimulasi perasaan jadi lebih ringan dan bahagia.

Kurangi minum kopi

Tak dipungkiri kalau menyesap secangkir kopi memang bisa bikin mood seolah membaik. Namun, kafein juga meninggalkan efek samping berupa kecemasan dan meningkatkan tekanan darah. Kondisi ini akan membuat tubuh jauh dari kesan rileks.

Sebaliknya, gantilah minuman pagi atau sore Anda dengan secangkir lemon hangat. Lemon hangat sangat bagus untuk mengusir toksin dalam tubuh sehingga bikin Anda lebih fresh secara alami.

Cobalah lima tips di atas dan rasakan manfaatnya pada diri Anda. Bye-bye mood swing! (vsc)

Share This Article