Usia Injak 30, Ini Pelajaran yang Bisa Didapatkan
Usia Injak 30, Ini Pelajaran yang Bisa Didapatkan
10.03.2016

Ingat ketika Anda berharap akan memiliki segalanya pada usia 30 tahun, B’timers? But now here you are, officially a 30! Dan masih sangat jauh dari harapan dan keinginan Anda. Well, Anda tidak sendirian. Memang bagi kebanyakan dari kita, usia 30 adalah masa perubahan yang menyedihkan.

Apalagi jika saat ini Anda tidak berada di titik yang diimpikan selama ini. Tetapi kabar baiknya adalah, ternyata masih banyak waktu untuk membentuk kehidupan seperti yang Anda inginkan, kok, B’timers. Wah, kira-kira hal apa saja, ya?

1. Belajar tentang persahabatan

Sebagai orang yang telah memiliki pasangan, anak-anak, pindah rumah atau pekerjaan, persahabatan juga pasti berubah, B’timers. Teman-teman yang telah Anda kenal bertahun-tahun tidak lagi ada. Sulit untuk diterima, tapi teman-teman yang Anda miliki di usia 30-an, akan menjadi teman seumur hidup!

Persahabatan adalah salah satu hal terpenting dalam hidup
Persahabatan adalah salah satu hal terpenting dalam hidup

2. Belajar membuat keputusan besar

Ketika masuk ke angka 30, Anda menyadari beberapa keputusan besar tidak menunggu selamanya. Keputusan tentang karier, keluarga, keuangan dan hubungan. Dan tidak peduli berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengambil keputusan, semuanya akan membawa perubahan baik dalam hidup.

3. Belajar tentang sakit hati

Perceraian, masalah kesuburan, kematian, ini semua adalah masalah yang banyak dihadapi mereka yang berusia 30-an. Masalahnya, kehidupan tidak pernah mudah untuk dijalani, B’timers. Seperti yang dikatakan Winston Churchill: “Sekalipun Anda akan melalui neraka, teruslah berjalan”.

4. Belajar mengenai hal yang penting

Prioritas kita akan berubah seiring dengan bertambahnya usia. Dan hal-hal penting bagi Anda ketika berumur 20-an, seperti mencari kekayaan atau memiliki gadget terbaru saat ini tidak lagi tampak begitu penting. Pada usia 30-an, seluruh waktu Anda akan didedikasikan untuk pekerjaan dan keluarga.

Tuliskan apa yang penting dalam hidup
Tuliskan apa yang penting dalam hidup

5. Belajar menjaga tubuh

Ini saatnya Anda mulai melihat ke dalam cermin, B’timers. Dan jika Anda mendapati kerutan, uban dan kantung mata, hentikan kebiasaan tidak sehat dari masa muda sekarang juga! Memang tidak ada yang dapat membalikkan proses penuaan, tapi setidaknya Anda bisa memperlambatnya dengan cerdas.

6. Belajar tidak mempermasalahkan hal kecil

Tidak ada lagi kegalauan seperti, apa yang harus dikenakan untuk malam minggu, atau potongan model apa yang pantas. Di usia 30-an, Anda akan belajar untuk tidak mempedulikan mengenai hal-hal kecil seperti itu, B’timers. Jadi Anda bisa memiliki energi untuk fokus pada hal yang jauh lebih penting.

Dengan berlalunya angka 20 dari hidup, Anda juga akan belajar lebih mencintai diri sendiri, orangtua, uang dan apapun yang sudah ada di dalam genggaman. Memang tampaknya mengerikan, tapi tidak ada yang perlu Anda risaukan dengan menjadi 30 tahun. So, just be a happier you at your 30, B’timers! (NO)

Share This Article