Kupas Tuntas Tentang Berbagai Info Triskaidekaphobia | Breaktime
Triskaidekaphobia: Sejarah, Penyebab, dan How to Deal with It
13.07.2015

Apakah Anda mengalami ketakutan berlebih terhadap angka 13? Jika memang benar, bisa jadi Anda tengah mengalami triskaidekaphobia. Triskaidekaphobia sendiri merupakan ketakutan yang berlebihan terhadap angka 13.

Orang yang menderita triskaidekaphobia disebut dengan triskaidekaphobes. Angka 13 ini memang selalu dikaitkan dengan sesuatu yang buruk, bahkan sial. Banyak hotel bertingkat dan gedung pencakar langit yang tidak memiliki angka 13 akibat takut akan nasib sial yang akan dialami.

Asal mula 13 dianggap sebagai angka sial ini berawal pada zaman  Yesus yang mana ia melakukan perjamuan terakhir. Tamu yang ke-13 atau yang terakhir dalam perjamuan tersebutlah yang menghianati Yesus dan membawa mala petaka yang besar. Tamu tersebut bernama Yudas Iskariot.

Ketakutan yang amat besar terhadap angka 13
Ketakutan yang amat besar terhadap angka 13

Penyebab triskaidekaphobia

Seperti halnya fobia jenis lainnya, triskaidekaphobia juga memiliki penyebab yang melatarbelakanginya. Nah, berikut ini penyebab terjadinya triskaidekaphobia yang sudah terdeteksi:

  • Kepercayaan yang mendalam terhadap angka tiga belas (Judas, tamu terakhir) sebagai pembawa petaka yang mengakibatkan Yesus wafat. 
  • Terbawa pengaruh dari hotel atau gedung-gedung pencakar langit yang menghilangkan angka 13
  • Mengalami kejadian traumatik yang terjadi pada tanggal 13
  • Muncul ketakutan setelah membaca berbagai media yang mengulas angka 13
  • Menderita fobia jenis lainnya, seperti agoraphobia (ketakutan terperangkap pada lokasi ramai) dan juga acrophobia (ketakutan berlebih pada ketinggian) dapat memicu triskaidekaphobia dengan mudahnya

Cara mengatasi triskaidekaphobia

Untuk mengatasi dan mengobati fobia jenis ini, ada beberapa jalan yang bisa untuk ditempuh:

  • Melakukan hypnoterapi yang bisa dilakukan di rumah dengan cara mengubah fokus terhadap angka 13.
  • Meditasi, yoga dan metode mind-body lainnya dapat mengurangi kecemasan yang terjadi
  • Mengubah perspektif tentang kesialan dan musibah. Ingatlah bahwa setiap musibah telah ditentukan oleh Tuhan dan hal ini sama sekali tak ada sangkut pautnya dengan angka 13.

Itulah sedikit informasi mengenai fobia dengan angka 13 dan cara untuk mengatasinya. Bagi Anda yang merasakan ketakutan berlebihan akan sesuatu, lebih baik untuk melakukan pemeriksaan sejak dini sebelum terlambat.

Share This Article