Trik Menjadi Pelajar Cerdas dan Cepat Tanggap | Breaktime
Trik Menjadi Pelajar yang Cerdas dan Cepat Tanggap
14.12.2015
“I have no special talent. I am only passionately curious.”- Albert Einstein

Siapa yang tidak iri dengan orang genius sekaligus memiliki skill mengagumkan? Uniknya, kehebatan mereka tersebut sering kali berawal dari hal sederhana, yakni rasa keingintahuan yang tinggi. Nah, rasa keingintahuan tersebut akan semakin cepat berkembang bila didukung dengan kemampuan belajar yang cepat.

The question is, how we do that? Oleh karena itu, Breaktime akan secara khusus membagikan tips agar Anda menjadi a quick learner yang mampu beradaptasi dengan baik:

Kenali gaya belajar Anda

Sebelum B’timers bereksperimen dengan berbagai metode belajar, pastikan mengetahui karakter pembelajar model apakah diri Anda sebenarnya. Bila Anda tipe orang yang mudah mengingat bait lirik lagu atau perkataan seseorang, besar kemungkinan B’timers masuk tipe auditori.

Bila ingin hasil belajar Anda lebih maksimal, pastikan untuk merekam ceramah perkuliahan dan dengarkan saat malam. Cara ini tergolong lebih ampuh dibandingkan memaksakan diri membaca buku-buku teks.

Trik Menjadi Pelajar Cerdas dan Cepat Tanggap | Breaktime
kenali gaya belajar Anda dengan baik

Bila Anda tertarik dengan tampilan visual, maka bisa jadi Anda tipe visual. Model belajar dengan menggunakan gambar, grafik, flashcard, atau berbagai tampilan visual menarik lainnya sangat membantu kecepatan B’timers untuk belajar.

Sementara itu, bila Anda tak menyukai gaya belajar auditori ataupun visual, kemungkinan B’timers adalah sosok yang suka belajar praktik. Anda bisa mengulang materi tertentu dengan mendengarkan ceramah dosen sambil berjalan menuju kampus. Cara ini bantu Anda mengingat materi dengan baik.

Latih otak menerima informasi baru

Belajar yang efektif pada dasarnya hanyalah soal kebiasaan. Otak B’timers membutuhkan latihan konstan untuk meningkatkan fokus dan menyelesaikan tugas dalam durasi tertentu tanpa jeda.

Buatlah suasana belajar private di rumah dan berikan waktu khusus yang mana Anda hanya fokus belajar dan tidak menyelinginya dengan main gadget, mengecek email, atau browsing situs yang tak berkaitan dengan pelajaran.

Lakukan olahraga

Yap, aktivitas fisik tak hanya baik bagi tubuh, tapi juga otak Anda. Olahraga yang ringan seperti yoga dapat membantu Anda menjadi pelajar yang cepat dan ulung. Tubuh yang jarang berolahraga akan menjadikan otak kesulitan untuk fokus. Namun, dengan olahraga yang rutin, sirkulasi darah pun menjadi lebih lancar dan kemampuan otak bisa lebih produktif.

Buat mind mapping

Mind maps merupakan salah satu metode terbaik untuk menjadi seorang pembelajar yang cepat dan handal. Sebab, pemetaan informasi ini menjadikan segala sesuatu terlihat lebih praktis dan sistematis. Alhasil, otak pun mampu mereka informasi secara lebih runut.

Temukan konteks yang tepat

Para pelajar cerdas seringkali berhasil menemukan hubungan apa yang dipelajari dengan konteksnya yang tepat. Sebagai contoh, bila Anda belajar tentang sistem politik atau kebudayaan suatu negara, B’timers bisa mengaitkannya dengan cerpen atau cerita novel yang pernah dibaca sebelumnya. Bahkan, Anda bisa menghubungkannya dengan berbagai simbol yang terdapat pada berbagai aksesoris lucu mulai gantungan kunci atau mug untuk memperkuat ingatan.

Bagaimana? Apakah B’timers siap untuk menjadi seorang pelajar yang cepat tanggap dan berkembang sebagai sosok genius? Let’s start it now! (vsc)

Share This Article