Tips Smart Menghadapi Perubahan di Tempat Kerja | Breaktime
Tips Smart Menghadapi Perubahan di Tempat Kerja
14.02.2016

Kantor bisa menjadi tempat di mana Anda akan menghabiskan banyak waktu, B’timers. Bahkan banyak di antara kita yang diharuskan tinggal di kantor lebih lama dari yang lain, dengan adanya lembur misalnya. Dan seringkali suasana kurang menyenangkan membuat Anda tidak merasa nyaman berada di ruang kerja lebih dari 8 jam sehari.

Nah, bagaimana menyikapi perbedaan kondisi pekerjaan yang cukup jauh dari beberapa tahun lalu seperti sekarang ini? Aturan baru seperti sistem outsourcing, rekan kerja baru, perintah dinas ke tempat lain, atau beberapa perubahan yang mungkin dilakukan perusahaan tempat Anda bekerja bisa membuat stres. Mungkin Anda memerlukan beberapa tips menghadapi perubahan di tempat kerja, B’timers.

1.Kenali perubahan yang mungkin terjadi

Dalam karir dan pekerjaan, terkadang Anda menyangkal adanya perubahan. Rasa cemas akan muncul karena Anda harus keluar dari zona nyaman. Cobalah kendalikan emosi terhadap perubahan yang mungkin terjadi di lingkungan kerja. Semakin Anda menyadari perubahan akan terjadi, rasa terkejut atau marah akan berkurang. Sehingga Anda tidak terpengaruh dengan kondisi tersebut.

2.Be aware of your surroundings

Perubahan bisa terjadi selama hal tersebut diinginkan. Dan tips menghadapi perubahan di tempat kerja yang bisa tiba-tiba terjadi, Anda harus menajamkan insting. Dengan melatih perasaan agar terus waspada, Anda akan mampu melihat petunjuk yang ada.

Tips Smart Menghadapi Perubahan di Tempat Kerja | Breaktime
Perhatikan lingkungan dan orang di sekitar Anda

3.Berkomunikasi dengan orang lain

Komunikasi memang sangat penting. Terutama jika Anda menghadapi sebuah perubahan. Munculnya ketakutan untuk menghadapi perubahan biasanya disebabkan karena ketidaktahuan informasi, B’timers. Karena itu, cobalah untuk berbicara dengan orang lain, untuk mencari solusi dalam menyesuaikan diri terhadap perubahan yang akan Anda hadapi.

4.Be flexible

Untuk menghadapi perubahan, Anda diharuskan mampu beradaptasi dengannya. Dengan demikian, peluang untuk sukses akan semakin besar.Cobalah untuk fokus pada kemampuan lama Anda. Pikirkan dengan cara bagaimana Anda dapat beradaptasi menggunakan ketrampilan atau kemampuan Anda dengan lingkungan baru.

Tips Smart Menghadapi Perubahan di Tempat Kerja | Breaktime
Sesuaikan diri dengan keadaan

5.Be positive in actions and attitude

Alih-alih merasa khawatir tentang perubahan yang harus Anda hadapi, coba untuk memanfaatkan pengalaman yang ada. Anda bisa mencari peluang baru yang bisa mempercepat proses penyesuaian diri terhadap perubahan itu.

Tips menghadapi perubahan di tempat kerja lainnya, terus berusaha lakukan pekerjaan saat ini. Memang tidak mudah, B’timers. Tapi ingatlah, bahwa perusahaan telah menggaji Anda. Jadi lakukanlah yang terbaik. (NO)

Share This Article