Tips Rahasia agar Anak Selalu Merasa Bahagia | Breaktime
Tips Rahasia untuk Membuat Anak Selalu Merasa Bahagia
09.11.2015

Saat berbicara tentang anak, kini jarang orangtua yang hanya memikirkan kebahagiaan buah hati saja. Ada banyak hal yang dipusingkan orangtua, mulai dari pendidikan hingga kesuksesan anak. Ini tak berarti salah, namun hal-hal tersebutlah yang bisa membuat orangtua merasa mengasuh dan mendidik anak merupakan sesuatu yang sulit dan melelahkan.

Nah, untuk membuat anak merasa bahagia, apa yang bisa dilakukan sebagai orangtua? Ini dia rahasianya, B’timers:

Mereka makan tepat waktu

Ini memang sederhana, namun sebenarnya merupakan hal yang sangat penting. Anda tentu merasa kesal jika saat lapar harus menunggu lama untuk makan, bukan? Sama halnya dengan anak-anak. Harus ada jadwal makan yang teratur untuk mereka, ini sekaligus menjadi asupan untuk otak dan energi mereka sepanjang waktu.

Tidur yang konsisten

Tidak semua anak punya kebiasaan tidur yang sama, ada yang lebih cepat tertidur, ada yang lebih sulit tertidur. Biasakanlah anak tidur setiap malam di jam yang sama, ini akan memenuhi kebutuhan waktu istirahat anak dan membuatnya lebih bahagia dan semangat esok harinya.

Bisa bermain dengan bebas

Kini sudah sangat banyak mainan yang dibuat untuk hiburan anak. Padahal, dulu anak sangat bebas bersenang-senang dengan dan bermain sendiri. Beri kesempatan pada anak untuk asyik bermain sendiri dan mengeksplor alam, ini sekaligus membuatnya jadi lebih kreatif.

Bebas mengungkapkan ekspresi

Anak-anak berteriak saat marah, menangis saat sedih, atau bahkan berlari dan berputar-putar saat merasa bingung. Biarkan saja mereka. Sebab, mengekspresikan emosi sangatlah penting bagi anak-anak. Jika anak terlalu diomeli atau dibatasi, itu bisa membuat mereka merasa depresi.

Tips Rahasia agar Anak Selalu Merasa Bahagia | Breaktime
Kebahagiaan anak adalah segalanya bagi orangtua

Boleh ikut berpendapat

Anak-anak punya kendali yang sangat kecil dalam hidup mereka. Secara terus-menerus, mereka diberitahu harus pergi ke mana, harus melakukan apa dan harus makan apa. Kurangi hal tersebut dan bebaskan anak untuk menentukan sendiri pilihannya, tanyakan apa yang mereka inginkan.

Merasa didengar

Anak-anak memiliki intuisi yang kuat. Bahkan balita bisa merasakan saat orangtua mereka mengabaikan rengekan mereka. Saat anak merasa orangtua benar-benar mendengarkan mereka, itu bisa membuat mereka merasa lebih terhubung dengan orangtua. Mereka jadi lebih percaya diri dan bahagia.

Merasakan cinta yang tulus

Tak jarang bahkan sering anak-anak mengacau, membuat rumah berantakan atau merusakkan barang. Lalu mereka pun menangis. Masa kecil memang masanya anak-anak untuk belajar, maka dari itu yang harus dilakukan orangtua adalah memberikan mereka kesempatan, memaafkan mereka dan tetap menyayangi mereka.

Itulah hal-hal yang bisa membuat sang buah hati merasa bahagia dan dicintai dengan tulus oleh orangtua. Bukankah tak ada yang lebih menyenangkan daripada melihat senyuman dan tawa anak-anak B’timers? (md)

Share This Article