Tips Mudah Jadi Atasan yang Akrab dengan Bawahan | Breaktime
Tips Mudah Jadi Atasan yang Akrab dengan Bawahan!
06.09.2016

Hmm, Anda merupakan atasan baik dan dikenal ramah dengan bawahan, tidak, B’timers? Well, sebagian orang memang terlahir untuk menjadi pemimpin. Namun menjadi seorang atasan tidaklah selalu mudah bagi semua orang. Nah, jika Anda ingin menjadi atasan yang sempurna sekaligus akrab dengan bawahan, intip tipsnya berikut, B’timers!

Jalin pertemanan dengan mereka

Sebagai atasan, jangan membuat batasan untuk menjalin pertemanan dengan bawahan Anda, B’timers. Trik ini bisa meningkatkan komunikasi antar pemimpin dengan karyawannya. Dan juga bisa memperkecil kemungkinan timbul salah paham dalam mengerjakan tugas.

Tips Mudah Jadi Atasan yang Akrab dengan Bawahan | Breaktime
Jangan pelit ilmu jika ada yang bertanya

Berikan kepercayaan pada bawahan

Well, meskipun sebagai pimpinan, Anda tidak perlu selalu memata-matai setiap aktivitas yang dilakukan bawahan, lho. Berikan kepercayaan pada mereka. Dengan demikian bawahan pun merasa nyaman dan justru akan semakin segan dengan Anda, B’timers.

Jadilah pemimpin yang selalu ada

Anda tentu paham, jika kehadiran seorang pimpinan sangat penting. Jadi meskipun memberikan mereka kepercayaan, jangan juga dilepas begitu saja. Karena itu, sebaiknya Anda menjadi atasan yang selalu ada untuk bawahan, jadi mereka tahu Anda siap membantu.

Usahakan menunjukkan apresiasi positif

Dan jangan salah, bawahan juga membutuhkan bentuk sederhana dari apresiasi, lho, B’timers. Tak perlu memberikan bonus gaji, cukup dengan ucapan terimakasih yang tulus, mereka pasti menilai Anda adalah seorang pemimpin yang bisa menghargai kerja keras orang lain.

Tips Mudah Jadi Atasan yang Akrab dengan Bawahan | Breaktime
Adakan pertemuan rutin untuk acara curhat

Siap untuk menerima segala kritikan

Nah, sebagai seorang pimpinan, tidak berarti Anda terbebas dari semua kesalahan, lho. Dan karena itu, bersikaplah terbuka pada semua bentuk kritikan dan masukan yang diberikan oleh bawahan Anda. Cara ini dapat membuat bawahan berani untuk berpendapat.

Jadi atasan yang ramah dengan bawahan dengan memberikan sapaan terlebih dahulu, tidak akan bikin jati diri Anda jatuh, kok, B’timers! (NO)

Share This Article