Tips Menjadi Orangtua Cerdas di Era Serba Digital | Breaktime
Tips Menjadi Orangtua Cerdas di Era Serba Digital
25.12.2015

Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, kini kita hidup di zaman modern, era serba digital. Internet sudah menjadi bagian hidup yang tidak terpisahkan dari keseharian kita. Bahkan, anak-anak pun dapat dengan mudah mengakses internet, termasuk media sosial. Kini, internet memang sudah menjadi kebutuhan,termasuk dalam dunia pendidikan anak.

Namun, meski banyak orangtua yang telah memberi kebebasan pada anak untuk mengakses internet, sebagian orangtua lainnya masih membatasi penggunaan internet oleh anak-anak mereka. Bagaimana dengan B’timers? Menurut studi dari Family Online Safety Institute (FOSI), 78 persen dari orangtua yang ikut dalam penelitian mereka, merasa bahwa teknologi memiliki efek positif untuk masa depan, karir dan keterampilan anak.

Hadiah dan hukuman

Salah satu cara membatasi penggunaan internet untuk anak tanpa benar-benar melarangnya, adalah dengan menjalankan sistem hadiah dan hukuman. Anda bisa mematikan akses internet untuk anak saat ia mendapat nilai yang jelek, melanggar aturan atau melakukan perbuatan yang tidak baik.

Dan, sebenarnya yang terbaik adalah memberikan akses internet kepada anak jika usianya sudah menginjak 13 tahun ke atas. Meski itu tidak mudah, namun sudah menjadi tanggung jawab orangtua untuk mendidik anak dengan dengan cara yang terbaik. Memang satu hal yang menjadi tantangan terbesar bagi para orangtua di era digital ini. Apakah itu?

Jawabannya adalah fakta bahwa teknologi berubah dan berkembang dengan amat sangat cepat. Tak bisa dibendung, kini kemudahan akses internet hadir tak hanya lewat komputer, namun juga laptop, tablet dan terutama smartphone. Nah, ada cara pintar yang bisa Anda terapkan untuk membatasi penggunaan internet untuk anak.

Tips Menjadi Orangtua Cerdas di Era Serba Digital | Breaktime
Dampingi dan ajari anak dalam menggunakan internet

Orangtua perlu mendampingi anak

Anda bisa membiarkan anak mengakses internet sambil tetap mendampinginya. Misalnya, saat ia bermain game kesukaannya. Selain menghindarkan anak dari penggunaan internet yang tidak semestinya, Anda bisa sekaligus memanfaatkan internet untuk mengedukasi anak. Misalnya dengan menggunakan tablet atau smartphone, Anda bisa memakainya dengan positif.

Ada sangat banyak aplikasi smartphone atau tablet yang bisa Anda gunakan untuk mengajari anak. Seperti belajar berhitung, membaca dan bahasa asing seperti bahasa Inggris misalnya. Dengan begini, hubungan orangtua-anak antara Anda dengan sang buah hati juga semakin erat. Anak pun jadi semakin pintar.

Jadi, era digital memang sangat menantang, terutama bagi para orangtua dalam mengasuh anak. Namun, jika disikapi dengan bijak dan cerdas, internet bisa menjadi sahabat yang menyenangkan bagi B’timers dan juga sang buah hati. (md)

Share This Article