Tips Meningkatkan Produktivitas Sebagai Penulis | Breaktime
Tips Meningkatkan Produktivitas Sebagai Penulis
15.03.2016

B’timers pasti pernah merasakan euphoria berhasil mengungkapkan kata-kata ke dalam sebuah tulisan. Sayangnya, mood menulis kadang datang kadang pergi sesuka hati, padahal Anda sedang dikejar deadline yang menuntut Anda untuk lebih produktif dalam menulis. Dengan tips berikut ini B’timers tidak perlu lagi kelabakan mengikuti deadline tulisan yang harus Anda penuhi.

Tips Meningkatkan Produktivitas Sebagai Penulis | Breaktime
Stres menjelang deadline karena kurang produktivitas

Buat daftar tulisan dan jadwalkan

Harus B’timers akui terkadang Anda lupa mencatat apa saja tulisan yang harus dibuat dalam waktu singkat. Dengan mendaftar apa saja yang harus Anda kerjakan, B’timers tidak akan kelewatan mengerjakan tulisan tersebut. Hal ini juga akan membantu B’timers dalam memprioritaskan sekaligus menjadwalkan kegiatan menulis Anda selama satu minggu.

Bangun dan tidur tepat pada waktunya

Menurut pendapat para ahli, B’timers akan dapat lebih produktif jika mengerjakannya pada pagi hari dibandingkan pada malam hari. Itulah sebabnya B’timers dianjurkan untuk bangun lebih pagi dan tidur cepat pada malam hari. Mendapat tidur cukup akan mengistirahatkan otak Anda dan membantu B’timers untuk berpikir lebih jernih kala menulis di siang hari.

Tips Meningkatkan Produktivitas Sebagai Penulis | Breaktime
Istirahatkan hati dan otak yang kelelahan demi produktivitas esok hari

Buang jauh hal yang mengganggu

Membuka banyak tabs akan membantu B’timers dalam menyelesaikan sebuah tulisan, namun konten seperti apa yang Anda buka adalah hal yang penting. Jika B’timers membuka website yang justru mengalihkan perhatian Anda dari menulis, maka sebaiknya Anda menutupnya saja. Hal ini berlaku juga untuk smartphone, usahakan jangan terlalu sering mengecek pesan atau e-mail.

Baca singkat dan buat ide pemikiran inti

Dalam menjadi seorang penulis, B’timers harus dapat menjadi pembaca yang baik pula. Anda harus membaca secara efektif materi yang akan Anda tulis. Pahami topik inti yang dimaksud oleh bacaan Anda dan temukan ide lain untuk memulai tulisan Anda. Hal tersebut akan memudahkan Anda menyusun kerangka penulisan dan tidak melompat-lompat dari satu topik ke topik lain.

Tips Meningkatkan Produktivitas Sebagai Penulis | Breaktime
Buat kerangka penulisan dulu agar tidak dibuat pusing dengan ide tulisan

Sebagai penulis, B’timers harus tahu bahwa tidak hanya Anda yang mengalami kesusahan mencapai produktivitas selama menulis. Jutaan penulis lainnya mengalami hal yang sama dengan yang Anda rasakan, termasuk penulis hebat seperti J.K Rowling dan Dan Brown. Hanya saja penulis hebat tersebut tidak menyerah pada keadaan dan mencari cara untuk meningkatkan produktivitasnya. Mereka saja bisa, B’timers tentu juga bisa. Selamat mencoba! (ft)

Share This Article