Tips Mengatasi Kelelahan Emosional Paling Ampuh | Breaktime
Tips Mengatasi Kelelahan Emosional Paling Ampuh
07.10.2017

“Hayati lelah nih!”, ini bukan pertama kali, dan pastinya bukan yang terakhir kali Anda mendengar teman Anda mengeluh tentang betapa lelahnya mereka dengan aktivitas sehari-hari. Atau bahkan Anda sendiri saat ini sedang merasakan kelelahan yang lebih parah daripada kelelahan fisik, yaitu kelelahan mental. Mental exhaustion memang sangat sering terjadi pada generasi milenial, apalagi pada para high-achievers yang selalu bekerja sungguh-sungguh dan memberikan performa kerja yang terbaik. Jika rasa lelah itu tidak segera diatasi, performa kerja Anda akan langsung terganggu. And it’s definitely not a good sign. Nah, simak yuk tips mengatasi kelelahan emosional rekomendasi dari Breaktime berikut.   

Fokus ke Masa Depan Boleh-Boleh Saja, Tapi. . .

Tips mengatasi kelelahan emosional yang paling pertama adalah, Anda harus tahu Sebagai generasi milenial, kita sudah terbiasa dibentuk dengan mindset “goal-oriented” yang membuat kita aktif banget membuat rencana untuk masa depan. Dan sedemikian sibuknya sampai kita lupa untuk menikmati waktu yang kita jalani saat ini. Ketika proses membangun masa depan mulai membuat Anda merasa overwhelmed dan frustrasi, pisahkan diri Anda sejenak dari kesibukan dan mulailah meluangkan waktu dengan melakukan hobi yang benar-benar Anda sukai.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tak hanya virus penyakit, mood juga bisa menular

Hubungi teman-teman lama atau keluarga untuk merencanakan acara hangout saat weekend. Masa depan Anda tidak akan kemana-mana, tapi momen-momen yang Anda alami saat ini belum tentu bisa terulang. So enjoy the present more than worrying about the future.

Ambisius Boleh-Boleh Saja, Tapi. . .

Okay, Anda adalah orang yang sangat berambisius dan Anda tahu Anda bisa menyelesaikan setumpuk pekerjaan yang diberikan dengan baik. Bagus-bagus saja sih, tapi seringkali tanpa disadari hal tersebutlah yang membuat Anda terkena emotional burnout. Belajarlah untuk menerima bahwa memang ada beberapa hal yang tidak dapat langsung diselesaikan dalam waktu singkat, and it’s perfectly fine. Bertanggung jawablah terhadap pekerjaan yang diberikan, tapi jangan terlalu memaksakan diri. 

Tips Mengatasi Kelelahan Emosional Paling Ampuh | Breaktime
Hobi jadi tips mengatasi kelelahan emosional lho

Pikirkan Hal-Hal yang Membahagiakan!

 We know, sulit pastinya untuk berpikir tentang hal-hal yang membuat Anda senang ketika pikiran Anda dipenuhi dengan pikiran-pikiran negatif seperti rasa marah atau takut terhadap situasi yang Anda hadapi saat ini. Tapi, membiarkan diri tenggelam dalam rasa takut justru bakal membuat emotional exhaustion yang Anda alami tidak kunjung pulih.

Makanya, alangkah baiknya untuk mencoba membayangkan hal-hal positif yang bisa Anda raih, seperti kesuksesan Anda di masa depan mungkin? Atau bisa juga dengan membayangkan hal-hal yang membuat Anda senang, wajah orang-orang yang Anda cintai, wajah hewan peliharaan yang lucu, dan tempat-tempat yang ingin Anda kunjungi. Anda akan merasakan pikiran Anda berangsur-angsur menjadi lebih jernih dan Anda pun akan kembali bersemangat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pernah Garuk Kepala Saat Stres? Ini Manfaatnya!

Jangan Lupa Untuk Melakukan Hobi

B’Timers, kegiatan apa yang senang Anda lakukan di waktu luang? Menyanyi? Membaca buku? Atau mungkin fotografi? Kapan terakhir kali Anda melakukan aktivitas hobi Anda? Kalau bahkan Anda tidak dapat mengingat kapan terakhir kali Anda pergi karaoke, atau pergi ke toko buku untuk berburu novel terbaru, mungkin saat ini adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Sepenting apapun pekerjaan Anda, jangan sampai lupa lho untuk meluangkan waktu paling tidak seminggu sekali untuk melakukan hobi Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tidak Suka Dengan Pekerjaanmu? Coba Lakukan Ini!

Tahukah B’Timers bahwa dengan melakukan kegiatan hobi saja, happy hormone yaitu dopamine yang membuat Anda jadi lebih rileks, senang dan mencegah Anda terkena stres.  Pikiran yang rileks tidak hanya bisa membantu memulihkan kondisi mental yang lagi letih tapi juga bisa memicu daya kreativitas, lho.

Jadi, demikianlah tips mengatasi kelelahan emosional versi BreakTime. Dan jangan lupa untuk tetap berpikiran positif. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE