Tips Pintar Menghadapi Orang yang Narsis Berat | Breaktime
Tips dan Trik Pintar Menghadapi Orang yang Narsis Berat
14.12.2015

Dalam kehidupan, tentu ada bermacam-macam orang dengan karakternya masing-masing. Nah, salah satunya adalah sifat narsis yang terlalu membanggakan diri sendiri dan terkadang bahkan terasa tidak tepat serta mengganggu. Kata “narsis” sendiri merupakan singkatan dari “narsisisme” yang berarti “terlalu mencintai diri sendiri”, B’timers.

Yang sering terjadi adalah, mereka yang memilki rasa narsis terlalu tinggi terkadang berperilaku dengan semaunya dan tak sadar bahwa itu sebenarnya salah. Namun, orang-orang sukses punya cara yang jitu untuk menghadapi para narsis, sehingga mereka tidak terpengaruh dan dengan mudah bisa tetap stay cool. Seperti apa caranya?

Mereka tetap menyadari perasaan mereka

Saat berhadapan dengan orang-orang narsis, Anda perlu menjaga jarak secara emosional untuk membantu diri Anda sendiri agar tetap terkendali. Pikirkan kenapa Anda merasa marah dna terganggu, terima perasaan itu dan belajarlah pelan-pelan untuk mengendalikannya.

Fokus pada solusi dan bukan masalah

Salah satu hal terbaik yang bisa Anda lakukan untuk diri sendiri dan untuk mereka yang narsis adalah fokus pada solusi dan bukan masalah. Sebab fokus pada masalah hanya akan membuat Anda marah. Belajarlah menyesuaikan diri dengan sangat baik di segala situasi.

Tips Pintar Menghadapi Orang yang Narsis Berat | Breaktime
Memahami cara yang tepat untuk menghadapi orang narsis

Maafkan namun jangan lupakan

Biarkan saja perilaku orang lain yang sangat mengganggu Anda. Namun, meski memaafkan itu penting, sebaiknya jangan lupakan bahwa Anda pernah terluka atau tersakiti. Ini akan memudahkan Anda mengendalikan perasaan Anda sendiri jika kesalahan orang tersebut terulang lagi.

Sifat narsis bisa muncul kapanpun dan di manapun

Perilaku narsis tak hanya tentang seseorang yang memiliki sifat tersebut. Ada banyak sebab yang memicu seseorang menjadi narsis, salah satunya adalah merasa kurang jika dibandingkan dengan orang lain. Anda cukup menanggapi ini dengan memahami bahwa Anda memang harus belajar sadar tentang perilaku orang tersebut.

Mencari dukungan yang tepat

Kapanpun Anda menghadapi kondisi yang negatif, jangan takut untuk bercerita kepada orang lain. Anda bisa menceritakan masalah Anda pada orang yang tak terlibat sama sekali dengan situasi yang Anda hadapi. Ini akan memberikan perspektif yang bisa membantu Anda mengatasi masalah dengan lebih baik.

Jika Anda sudah mengetahui cara-cara jitu menghadapi orang-orang yang narsis, maka semuanya akan terasa lebih mudah dan ringan. Jangan biarkan orang lain yang mengatur pikiran dan perasaan Anda. Sebab, Andalah yang paling mengenal diri Anda sendiri. Jadilah orang sukses yang dapat mengelola emosi dengan cerdas, B’timers. (md)

Share This Article