Tips Ampuh Mengusir Galau Karena Gagal SBMPTN | Breaktime
Tips Ampuh untuk Move Setelah Gagal Ujian SBMPTN
09.07.2015

Rasanya, masuk perguruan tinggi negeri dengan jurusan yang favorit menjadi mimpi setiap lulusan SMA, ya. Barangkali B’timers juga sudah mempersiapkan diri untuk tes SBMPTN dengan sangat matang. Segala persiapan dilakukan demi menembus seleksi di perguruan tinggi yang diidamkan. Namun, persaingannya memang sangat ketat, apalagi dengan ribuan kandidat yang juga sama hebat.

Nah, kalau keberuntungan sedang tidak berpihak pada B’timers dan SBMPTN masih belum berhasil ditaklukkan, jangan berkecil hati. Meski belum bisa menembusnya, tetaplah semangat. Biar tidak terus bersedih dan galau, Breaktime beri tips untuk move on saat gagal ujian SBMPTN, nih!

Dunia belum berakhir

Meski gagal, namun bumi masih berputar, kan? Itu artinya, dunia belum berakhir kok, saat Anda belum bisa lolos SBMPTN. Kegagalan memang menyakitkan, namun jadikanlah itu pelajaran. Anggap saja gagal kali ini adalah sukses yang tertunda. Segera bangkit untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang masih di angan.

Kegagalan SBMPTN menjadi pemicu semangat untuk berusaha lebih baik
Kegagalan SBMPTN menjadi pemicu semangat untuk berusaha lebih baik

Mengevaluasi diri

Menghadapi kegagalan berarti Anda diberi waktu untuk lebih dekat dengan diri sendiri. Manfaatkan momen ini untuk melakukan introspeksi diri, lihat kembali apa yang sekiranya masih kurang benar. Ada banyak hal yang bisa dibenahi untuk menjadi lebih baik. Misalnya metode belajar yang belum efektif atau bagaimana cara menghadapi stres.

Jangan menyerah!

Slogan ini bisa jadi terdengar klise, namun kenyataannya inilah kalimat penyemangat yang bisa membuat kita tetap menegakkan kepala setelah gagal di ujian SBMPTN. Justru, inilah kesempatan Anda membuktikan pada diri sendiri bahwa Anda bisa berusaha lebih keras dan lebih baik. Yang penting, tetaplah berusaha dan berdoa serta selalu belajar dengan tekun.

Well, jangan sampai gagal di ujian SBMPTN menyurutkan semangat B’timers ya. Jadikan itu pelajaran yang berharga untuk terus berusaha. Lagipula, masih banyak pintu perguruan tinggi lain yang terbuka untuk menyambut Anda. Keep thinking positive and just move on!

Share This Article