Tidur Siang Jadi Budaya, Hanya Cina Yang Punya! l Breaktime
Tidur Siang Jadi Budaya, Hanya Cina Yang Punya!
05.08.2017

Sewaktu kecil dulu, di setiap Hari Minggu pagi Anda tentu sudah siap duduk di depan TV guna menonton kartun animasi Jepang bertajuk Doraemon. Nah, alasan kenapa Doraemon ini begitu disukai karena ceritanya mencerminkan kehidupan sehari-hari seorang anak lelaki bernama Nobita. Sifat yang paling kentara dari Nobita ini adalah sifat pemalasnya. Saban hari Ia hobi tidur siang sehingga sering terlupa untuk mengerjakan PR atau melakukan apa yang disuruh oleh ibunya. Ini nih, salah satu contoh nyata yang bikin imej tidur siang jadi mostly identik dengan konotasi negatif.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ternyata, Penyuka Kopi Punya Kepribadian Moody

Padahal, tidur siang tak melulu soal kemalasan atau soal kekurangan semangat dalam menjalani hari, lho. Percaya atau tidak, tidur siang justru punya segudang manfaat mulai dari segi kesehatan sampai segi peningkatan fungsi psikologis pada seseorang. Ia sejatinya dibutuhkan apabila ingin meningkatkan produktivitas. Buktinya, terdapat sebuah penelitian di NASA yang dilaksanakan pada para pilot militer dan astronot mereka. Penelitiannya sederhana, mereka yang mengantuk pada saat bekerja disuruh untuk tidur siang hingga 40 menit lamanya dan hasilnya— produktivitas kerja mereka meningkat sampai 34%— disertai pula dengan peningkatan level kewaspadaan hingga 100%.

Potret budaya tidur siang para siswa di Cina
Potret budaya tidur siang para siswa di Cina

It’s so amazing, isn’t it? Sehingga tak seperti di Indonesia, tidur siang di kalangan para siswa dan para pekerja malah menjadi suatu kewajiban di negara lain. Dan negara itu adalah negeri tirai bambu, Cina. Dimulai dari masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah dasar, masyarakat Cina ini sudah akrab dengan aktivitas tidur siang di tengah keberlangsungan kegiatan belajar-mengajar. Contohnya seperti di sekolah dasar wilayah daratan Utama Cina hingga area Cina bagian barat, dan Taiwan. Setiap hari siswa diharuskan membawa sebuah selimut kecil agar setelah jam makan siang, Ia dapat digunakan sebagai properti tidur siang mereka.

Aktivitas tidur siang semacam ini disebut dengan Wu Jiao serta bisa berlangsung selama 30 menit. Beberapa sekolah ada yang menyediakan ruangan khusus untuk agenda ini atau ada pula yang cuma menyuruh para siswanya tidur di atas meja-kursi. 

Ruangan khusus pun diberikan demi hajat tidur siang para karyawan, lho
Ruangan khusus pun diberikan demi hajat tidur siang para karyawan, lho

Sehabis tumbuh dewasa, anak-anak ini menjalani kehidupan ala adulthood dengan bekerja di kantor demi mencari sesuap nasi. Beruntung sebagai karyawan, masyarakat Cina masih bisa menikmati kebiasaan tidur siang yang sudah mereka jalani di era sekolah dasar. Di tempat kerja mereka, boleh banget lho untuk sejenak memejamkan mata kala jam istirahat telah tiba.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Intip Kantor-Kantor Ini Yang Bikin Betah Kerja!

Bahkan untuk menunjang kenyamanan karyawan, beberapa perusahaan secara cuma-cuma menyediakan ruangan kecil berisi ranjang bertumpuk. Ranjang-ranjang ini nih yang bisa dipakai secara leluasa oleh para karyawan gua melancarkan hajat tidur siangnya. Toh tidur siang seperti ini tak membutuhkan waktu yang lama. 20-30 menit merupakan durasi yang ideal— so, para karyawan ini tak akan kebablasan juga. Kalau istilah kerennya ala zaman sekarang nih, Ia dikenal pula dengan sebutan power nap.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Anti Baper Saat Dikritik, Ini Caranya!

Para karyawan pun mengaku setelah tidur siang, otak mereka menjadi lebih fresh dan kinerja mereka di kantor menjadi lebih lancar. Konsentrasi alias fokus dalam bekerja juga tak mudah terganggu, sehingga pekerjaan jadi lebih mudah dan lebih cepat selesai. Seandainya sebelumnya para karyawan merasa stres atau stuck dalam proses perampungan pekerjaan, maka semua hambatan itu dipastikan akan hilang waktu terbangun dari tidur siang mereka.

Bagaimana menurut Anda, B’timers? Apa perlu nih di Indonesia diberlakukan budaya tidur siang juga? (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE