Tetap Fokus Saat Banyak Suara Bising? Bisa, Kok! | Breaktime
Tetap Fokus dan Anti Bad-Mood Saat Dikepung Suara Berisik? Bisa, Kok!
02.11.2015

Ada orang yang bisa berkonsentrasi di tengah suara yang cetar membahana, tapi ada pula yang sama sekali tidak bisa melakukannya. Bahkan, sejumlah orang kerap merasa terganggu dengan suara kecil seperti pensil atau pena yang dipukul-pukulkan ke meja. Terdengar berlebihan?

Faktanyam Linda Carlson, Ph.D, seorang profesor psikologi dan onkologi di University of Calgary mengungkap bahwa gangguan suara semacam itu memang kerap bikin orang stres dan terganggu, kok. Bahkan, kejadian itu bisa menurunkan produktivitas serta efisiensi kerja seseorang. Nah lho, parah, kan? Berikut cara menyiasati agar Anda bisa tetap konsentrasi sekalipun terdapat suara berisik:

Tetap Fokus Saat Banyak Suara Bising? Bisa, Kok! | Breaktime
Tetap fokus dan abaikan suara

Abaikan suara

It may sound silly, but it’s so true! Cortland Dahl, Ph,D, kandidat Investigating Healthy Mind dari University of Wisconsin mengatakan memikirkan suara berisik tak menghasilkan apa-apa selain merusak mood seharian. Jika Anda berhasil melakukannya, semua pekerjaan akan selesai sebagai mana mestinya dan B’timers tak perlu lembur di kantor hanya karena gagal fokus tadi siang.

Menenangkan pikiran

Randye Semple, Ph.D, asisten profesor psikiater di USC’s Keck School of Medicine mengungkap menenangkan pikiran merupakan cara paling ampuh untuk kembali fokus. Ketika B’timers memilih untuk bersahabat dengan suara dibandingkan dikelilingi pikiran “seandaikan suasana bisa lebih tenang”, maka produktivitas Anda tetap akan berjalan lancar.

Tetap Fokus Saat Banyak Suara Bising? Bisa, Kok! | Breaktime
tenangkan pikiran dengan pergi sejenak ke luar ruangan

Lakukan meditasi sederhana

Ketika Anda sudah mulai benar-benar tak tahan dengan kebisingan yang ada, cobalah untuk ke luar ruangan selama beberapa saat. Carilah tempat yang lebih tenang dan tenangkan diri Anda di sana kurang lebih lima menit saja. Yap, menurut Dahl duduk dengan posisi nyaman dan merasakan hembusan nafas yang masuk ke dalam hidung hingga rongga dada sangat bantu menenangkan pikiran.

Kemampuan seseorang untuk merasakan sensasi yang terjadi pada dirinya saat ini serta ritme nafas yang ada bantu bikin diri merasa berarti. Dengan begitu, perlahan-lahan rasa stres akan berkurang dan Anda jadi bisa kembali fokus saat masuk ke dalam ruangan.

Ternyata sederhana sekali bukan untuk menjaga mood dan konsentrasi saat B’timers dikepung dengan suara berisik dari berbagai arah? Selain itu, jangan lupa pula untuk selalu menyediakan “me-time” yang mana Anda benar-benar sendiri dan menjauh dari keramaian.

Dengan begitu, B’timers tak perlu harus lepas kendali saat dihadapkan pada berbagai kesibukan dan keramaian di tempat kerja. Be smart!

Share This Article