Tertawa Bisa Mencegah Sakit dan Infeksi! How It Works? | Breaktime
Tertawa Bisa Mencegah Sakit dan Infeksi! How It Works?
05.06.2015

Hidup di era modern dan zaman serba cepat menuntut kita bekerja dengan keras untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, B’timers. Apalagi para pekerja di usia produktif yang disibukkan dengan pekerjaan dan berbagai aktivitas lainnya yang menguras tenaga, pikiran dan emosi. Meski sudah menjalankan pola hidup sehat, rutin berolahraga dan cukup beristirahat, kadang kelelahan masih juga melanda. 

Hm, what’s actually wrong with our body? Mungkin saja sistem kekebalan tubuh kita sedang menurun. Nah, tahukah Anda cara paling mudah dan murah untuk menjadi sehat? Jawabannya adalah dengan tertawa! Ya, meski terlihat sepele, namun tertawa memang bisa menghindarkan kita dari penyakit, lho. Sebenarnya apa saja ya, manfaat tertawa bagi kesehatan kita?

Tertawa itu menghilangkan stress dan menyehatkan tubuh!
Tertawa itu menghilangkan stress dan menyehatkan tubuh!

Manfaat tertawa untuk jangka pendek

Banyak tertawa memang membuat hati jadi senang, namun tertawa juga bisa membawa peruabahan secara fisik bagi tubuh kita. Tertawa bisa merangsang banyak organ, saat tertawa kita menghirup udara yang kaya oksigen, itu bisa menstimulasi jantung, paru-paru dan otot, serta meningkatkan hormon endorphin.

Dengan tertawa kita juga bisa merespon stress lebih baik, saat tertawa respon stress kita menurun seiring meningkatnya denyut jantung dan tekanan darah, sehingga membuat perasaan tenang dan rileks. Selain itu, tertawa juga dapat menstimulasi sirkulasi dan relaksasi otot, yang akhirnya mengurangi gejala stress.

Manfaat tertawa untuk jangka panjang

Tertawa dapat membuang semua pikiran negatif yang bisa menurunkan kekebalan tubuh, lalu menggantikannya dengan pikiran positif yang memerangi stress dan kemungkinan gejala penyakit kronis. Sebagai painkiller alami, tertawa juga membantu mengurangi rasa sakit dan pegal pada tubuh, serta menghilangkan kejang dan nyeri pada otot.

Hanya dengan tertawa saja, kita sudah bisa meningkatkan kepuasan tersendiri dalam diri kita, lho. Tertawa juga membuat kita lebih mudah menghadapi situasi sulit serta lebih mudah berhubungan dengan orang lain. Selain itu, tertawa juga bisa membuat mood kita jadi lebih baik dan mengurangi depresi yang bisa berujung pada penyakit kronis, plus membuat kita merasa lebih bahagia.

Sebenarnya ada satu lagi manfaat rahasia dari tertawa. Laughing makes us more interesting and charming! Ya, sebab wajah kita yang dihiasi tawa secara otomatis membuat orang lain jadi senang melihatnya. Jadi, banyaklah tertawa, B’timers!

Share This Article