Ternyata, Tidur Telanjang Lebih Sehat | Breaktime
Ternyata, Tidur Telanjang Lebih Sehat
18.09.2015

Beristirahat dan tidur di malam hari setelah menjalankan aktivitas seharian tentu terasa melegakan, bukan? Nah, mungkin B’timers menikmati tidur dengan memakai baju yang longgar dan nyaman. Namun, tahukah Anda bahwa tidur terbaik adalah dengan tidak berpakaian? Ya, bahkan 8% orang Amerika terbiasa tidur tanpa pakaian, lho. Lalu, mengapa tidur tanpa pakaian itu lebih sehat? Berikut alasannya:

Mencegah insomnia

Sebuah studi yang dilakukan di Australia menunjukkan bahwa penurunan suhu tubuh berperan penting agar kita dapat tidur dengan nyenyak. Tidur tanpa pakaian akan mempermudah tubuh melepaskan suhu panas dan membuat Anda lebih cepat tertidur.

Baca Juga : PAKAI BRA SAAT TIDUR, SEHAT NGGAK, SIH?

Mencegah perut buncit

Suhu tubuh yang menurun secara alami dapat membantu menurunkan kadar kortisol. Anda pun akan merasa penuh energi saat bangun di pagi harinya. Jadi, tidur tanpa pakaian membantu menjaga suhu tubuh agar tetap rendah dan membantu mengatur tingkat kortisol.

Menyehatkan organ seks

Bagi wanita, tidur tanpa pakaian dapat membuat vagina terkena udara bebas, sehingga mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada vagina. Sedangkan untuk pria, tidur tak berpakaian dapat menyehatkan sperma dan menjaga fungsi sistem reproduksi agar tetap berjalan normal.

Tidur tanpa pakaian juga membantu mencegah penuaan dini
Tidur tanpa pakaian juga membantu mencegah penuaan dini

Mencegah penuaan dini

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep, saat kita tidur tubuh melepaskan hormon pertumbuhan dan melatonin, yang merupakan hormone anti-aging paling vital. Tak berpakaian membuat tidur lebih nyenyak dan otomatis mencegah penuaan dini.

Mencegah penyakit kulit

Membiarkan tubuh bebas terkena udara, khususnya kaki, ketiak dan bagian kelamin, dapat membantu mengurangi resiko penyakit kulit seperti infeksi jamur kronis dan kulit memerah karena radang. Kulit pun jadi sehat dan mulus.

Mengurangi resiko diabetes tipe 2

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Diabetes, tidur dengan suhu tubuh lebih rendah dapat membantu meningkatkan metabolisme, menurunkan kadar gula darah dan mencegah diabetes tipe 2. Karena itu, sebaiknya tidurlah tanpa mengenakan pakaian.

Memperlancar aliran darah

Tanpa pakaian apapun menempel di tubuh, darah juga ikut mengalir dengan lebih lancar ke seluruh tubuh. Peredaran darah yang lebih lancar ini dapat membantu mengedarkan oksigen ke pembuluh darah, sehingga dapat menyehatkan jantung dan juga otot.

Well, itulah manfaat tidur dengan tak berpakaian, B’timers. Terdengar sangat menyehatkan, bukan? Namun, pastikan cuaca juga sedang hangat atau bersahabat saat Anda tidur tanpa mengenakan pakaian, ya.

Share This Article