Seperti Ini Rasanya Kerja di Luar Negeri | Breaktime
Ternyata Seperti Ini Rasanya Kerja di Luar Negeri
16.02.2016

Pekerjaan apa yang menjadi impian Anda B'timers? Atau apa yang dulu dan sekarang Anda cita-citakan? Setiap pekerjaan atau cita-cita pastilah mulia karena tujuan utamanya adalah bahagia dan membahagiakan. Namun, tidak sedikit juga yang terkadang merasa iri atau rendah diri karena status pekerjaan yang dimiliki.

Salah satu contohnya adalah, apabila Anda mendengar seorang teman atau saudara mendapatkan pekerjaan di luar negeri, mungkin Anda jadi merasa rendah diri dan membandingkannya dengan pekerjaan Anda. Padahal, setiap pekerjaan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang mungkin belum Anda ketahui. Bagi B’timers yang masih terperangkap dengan perasaan ini, coba lihat sejumlah fakta tentang bekerja di luar negeri berikut, ya.

Seperti Ini Rasanya Kerja di Luar Negeri | Breaktime
Kesepian adalah hal yang biasa terjadi ketika bekerja di luar negeri

1. Sulit adaptasi

Tempat tinggal baru, lingkungan baru, kebiasaan baru, dan cara bicara baru adalah salah satu hal yang harus terpikirkan ketika mendapat pekerjaan di luar negeri. Mereka yang tinggal di luar negeri untuk bekerja melalui banyak tahap agar terlihat normal seperti pekerja lainnya di sana. Dan untuk mendapatkan predikat tersebut bukanlah hal mudah yang harus dijalani.

2. Mereka bukannya beruntung

Tidak sedikit orang-orang beranggapan bahwa bekerja di luar negeri berarti mereka adalah yang paling beruntung atau yang paling diberkati Tuhan. Hal pertama yang perlu Anda ketahui, Tuhan sudah mengatur setiap rezeki manusia yang ada di dunia. Dan yang kedua adalah, mereka yang mendapat pekerjaan di luar negeri merupakan orang yang bekerja keras dan harus menerima setiap konsekuensi yang mungkin lebih berat dijalani.

3. Rasa rindu dan kehilangan

Mereka yang memutuskan untuk tinggal di luar negeri dan bekerja di sana juga seorang manusia. Mereka juga merasakan rindu dan kehilangan ketika meninggalkan tanah kelahiran. Dan yang lebih menyakitkan lagi mereka tidak bisa bertemu atau bertatap muka langsung dengan keluarga atau orang terdekat.

4. Tekanan yang lebih kuat

Bad day, bad mood, atau bad move sudah umum terjadi apabila Anda bekerja di luar negeri. Karena Anda perwakilan dari negeri, maka Anda adalah orang terpilih. Akan sangat berat apabila Anda tidak bisa menjaga nama baik ketika bekerja. Selain itu, cara memperlakukan seseorang di tiap negara juga berbeda. Dan Anda tidak tahu bukan, bagaimana pemimpin mereka menegurnya ketika terjadi kesalahan?

5. Kesepian

Mungkin yang tergambar dari mereka yang hidup di luar negeri dengan alasan pekerjaan adalah hingar bingar. Padahal, rekreasi atau menghibur diri di tanah orang lain sebenarnya terasa biasa, hanya saja mungkin ada tempat atau hiburan yang tidak ada di negeri sendiri. Dan yang perlu Anda ketahui, mereka yang bekerja di luar negeri merasakan kesepian tiap harinya. Jadi, beruntunglah Anda yang bekerja tak jauh dari keluarga.

Bekerja di luar negeri mungkin terlihat menjanjikan, tapi bagaimanapun juga pekerjaan yang sangat nyaman dan membuat hati tenang adalah di negeri sendiri. Jadi, pilihlah dengan bijak apa yang akan B’timers jadikan sebagai pekerjaan kelak. (wsu)

Share This Article