Ternyata Pakaian Bisa Pengaruhi Pikiran Benarkah?| Breaktime
Ternyata Pakaian Bisa Pengaruhi Pikiran, Benarkah?
09.04.2016

B’timers, di setiap kesempatan, Anda selalu ingin tampil modis dan menarik, bukan? Dengan memakai pakaian yang indah, Anda jadi merasa lebih percaya diri daripada ketika memakai pakaian yang tidak disukai. Artinya, pakaian yang dikenakan bisa mempengaruhi pikiran, dong? Bingo! Itu benar adanya, B’timers. Sebuah penelitian terbaru mengungkap fakta bahwa berganti pakaian juga bisa mengubah jalan pemikiran.

Penelitian tersebut membuktikan bahwa orang yang mengenakan pakaian mahal dari brand ternama cenderung lebih merasa percaya diri. Para peneliti juga menemukan korelasi antara keahlian memadupadankan pakaian dengan tingkat kinerja yang baik. Tentu saja, itu bukan berarti pakaian adalah satu-satunya yang mempengaruhi kinerja sehari-hari. Tapi perlu Anda ketahui, pakaian yang Anda kenakan memiliki efek plasebo signifikan yang sulit untuk diabaikan.

Ternyata Pakaian Bisa Pengaruhi Pikiran Benarkah?| Breaktime
Ternyata pakaian memiliki kekuatan khusus untuk pikiran

Apa yang Anda pakai mengubah naik turunnya pikiran dan kinerja sebanyak 20 persen

Dalam studi tersebut, peneliti mengatakan kepada para peserta bahwa mereka menggunakan golf putter dari Nike ketika pertandingan golf. Pada kenyataannya, mereka hanya menggunakan putter biasa. Ketika para peserta percaya bahwa mereka memegang putter yang sama seperti yang digunakan pegolf profesional Rory McIlroy, kinerja mereka meningkat sekitar 20 persen.

Ternyata Pakaian Bisa Pengaruhi Pikiran Benarkah?| Breaktime
Pikiran positif juga dipengaruhi pakaian yang nyaman

Tidak berkutat kinerja fisik saja, para peneliti juga meneliti kinerja otak dengan memberikan kuis matematika untuk beberapa peserta. Selama mengerjakan kuis, mereka mengenakan penyumbat telinga. Para peneliti mengatakan kepada mereka bahwa penyumbat telinga berasal dari 3M yang memiliki kinerja dan kualitas tinggi. Akibatnya, kinerja peserta dari kuis matematika meningkat sebesar 20 persen ketika mereka berpikir penyumbat telinga mereka benar-benar high-end.

Pada dasarnya, penelitian ini bukan bermaksud mempengaruhi Anda untuk memakai pakaian yang bagus-bagus untuk meningkatkan performa. Namun, pakaian atau apapun yang Anda kenakan bisa jadi memang memiliki kekuatan tersendiri untuk memperbaiki kinerja dan pikiran Anda.

Frank Germann, asisten profesor di Notre Dame yang juga terlibat dalam pada studi ini, mengatakan "Ketika Anda berpikir bahwa Anda memiliki benda-benda dengan kualitas dan performa terbaik, Anda pun merasa lebih baik dan rasa percaya diri meningkat pada tugas tertentu. Pada gilirannya rasa cemas pun berkurang dan karena itu, Anda melakukan dengan lebih baik."

Well, jika Anda sedang dalam tugas atau proyek dan ingin semuanya berjalan dengan lancar, bukankah memakai baju favorit adalah ide yang bagus? Keren ya, B’timers! (nap)

Share This Article