Ternyata Musik Banyak Manfaat untuk Kesehatan! | Breaktime
Ternyata Musik Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Lho!
20.02.2016

Siapa yang tidak menyukai alunan musik yang menghanyutkan jiwa dan mengembalikan kenangan indah ke depan mata kita? Memang tidak ada keraguan lagi, bahwa mendengarkan musik akan membawa kita ke dalam suasana hati yang baik. Apalagi jika Anda mendengarkan musik favorit.

Bahkan saat ini para ilmuwan menemukan fakta menarik mengenai manfaat musik untuk kesehatan, lho, B’timers. Penelitian dari Austria telah menemukan, bahwa musik dapat membantu pasien dengan nyeri punggung kronis.

1.Mengurangi stress dan kecemasan

Musik bekerja pada sistem saraf otonom, atau bagian dari sistem saraf yang bertanggung jawab untuk mengendalikan tekanan darah, detak jantung, dan fungsi otak, termasuk bagian otak yang mengontrol perasaan dan emosi.

Ketika ritme lambat dimainkan, tekanan darah dan detak jantung melambat, sehingga kita bernapas lebih lambat. Hal tersebut mampu mengurangi ketegangan otot di leher, bahu, perut, dan punggung. Para ahli kesehatan juga berpendapat, musik juga mengurangi ketegangan psikologis dalam pikiran kita. Alasan tersebutlah yang membuat musik dapat membantu meredam rasa nyeri.

2.Mengurangi rasa sakit

Mendengarkan musik dapat mencegah peningkatan kecemasan yang disebabkan denyut jantung dan tekanan darah sistolik, dan menurunkan kadar kortisol. Semua tanda biologis tersebut merupakan tanda terjadinya stres.

Dalam sebuah penelitian ditemukan, bahwa seorang pasien yang akan melakukan operasi, dan diperdengarkan musik setelah operasi mengalami penurunan tingkat kortisol plasma. Bahkan mereka tidak membutuhkan tambahan morfin untuk mengatasi rasa sakit. Bahkan disebutkan efek musik lebih kuat daripada obat anxiolytic terhadap pasien bedah.

Ternyata Musik Banyak Manfaat untuk Kesehatan! | Breaktime
Musik mengurangi rasa tidak nyaman pada ibu hamil

3.Meningkatkan sistem imun

Beberapa penelitian beranggapan, mendengarkan musik dapat mencegah penyakit. Peneliti dari Wilkes University melihat, bagaimana musik mempengaruhi tingkat antibodi, yang penting bagi sistem kekebalan tubuh.

Peranan antibodi merupakan pertahanan pertama tubuh dalam menangkal serangan penyakit. Dalam penelitian, diperlihatkan beberapa orang yang mendengarkan musik selama 30 menit memiliki resiko terpapar virus lebih sedikit, jika dibandingkan dengan orang yang tidak diperdengarkan musik saat diinjeksikan virus.

4.Membantu meningkatkan daya ingat

Manfaat musik untuk kesehatan bisa dilihat pada orang yang menderita kehilangan memori, di mana bahasa lisan menjadi sulit untuk dipahami. Dan dengan mendengarkan musik, pasien yang memiliki penyakit demensia mampu mengingat lirik lagu. Terlebih jika lagu yang didengarkan memiliki hubungan dengan sejarah mereka. Hal ini karena bagian otak yang memproses musik terletak di sebelah memori.

Musik bahkan dapat membantu seseorang dalam mempelajari bahasa asing.  Beberapa orang mahasiswa yang sedang belajar bahasa asing, dapat mengingat pengucapan frase asing dengan lebih baik dibandingkan mereka yang tidak dibantu musik.

Ternyata Musik Banyak Manfaat untuk Kesehatan! | Breaktime
Musik membantu meningkatkan daya ingat

5.Membantu Anda berolahraga

Para ahli mengatakan mendengarkan musik selama olahraga dapat menambah mood dan semangat. Saat Anda mendengarkan musik ketika berolahraga, musik membantu melepaskan hormon endorphin. Sehingga Anda akan merasa lebih baik dan bertenaga, dan termotivasi utnuk melanjutkan olahraga.

Dalam studi lain, tingkat pemakaian oksigen diukur saat orang-orang mendengarkan jenis musik yang berbeda selama latihan fisik. Hasilnya menunjukkan, tubuh mereka akan menggunakan oksigen dengan lebih efisien saat mendengarkan musik dengan tempo cepat yang sesuai dengan gerakan olahraga mereka.

Dan, itulah manfaat musik untuk kesehatan Anda, B’timers. Anda lebih suka musik dengan beat cepat atau alunan musik klasik gubahan Mozart? (NO)

Share This Article