Ternyata Kekhawatiran Bisa Bermanfaat, Percaya? | Breaktime
Ternyata Kekhawatiran Bisa Bermanfaat, Percaya?
26.11.2017

Anxiety, atau rasa cemas yang berlebihan sudah lama dikenal sebagai salah satu penyebab dari gangguan pikir seperti depresi, phobia, OCD, hingga Social Anxiety Disorder. Terutama di era milenium ini, jumlah orang yang mudah cemas pun semakin meningkat terutama di kota-kota besar dimana tingkatan himpitan ekonomi dan tuntutan kerja yang berat menjadi faktor yang meningkatkan rasa cemas tersebut meningkat.

Apa sih penyebab utama dari rasa anxiety? Rasa ketidakpastian dan kesadaran bahwa Anda tidak dapat mengontrol peristiwa yang terjadi di sekitar Anda bisa menimbulkan perasaan tidak aman. Nah, dari perasaan ketidakamanan tersebutlah pikiran Anda mulai aktif menciptakan sedemikian banyak kemungkinan. Tidak mengetahui kemungkinan mana yang harus Anda ambil akan membuat Anda tenggelam dalam pusaran keputusasaan. Tapi, terlepas dari predikat buruknya tahukah B’Timers kalau ternyata rasa cemas tersebut sebenarnya baik untuk Anda?

Seorang profesor yang berkecimpung di bidang psikologi di Universitas California, yaitu Kate Sweeny mengatakan bahwa sebenarnya rasa cemas adalah hal yang baik. Orang yang mudah merasa cemas cenderung lebih berhati-hati dan jika ditindaklanjuti dengan benar, bukan tidak mungkin mereka akan menciptakan penemuan teknologi yang bermanfaat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Selamatkan Lingkungan Hidup Melalui Tangan Anak

If you haven’t noticed, hampir semua produk keamanan seperti sabuk pengaman pada mobil, helm, hingga vaksin merupakan produk dari kecemasan. Sabuk pengaman dan helm diciptakan karena kekhawatiran akan terjadinya kecelakaan, sedangkan vaksinasi diciptakan untuk menghalau persebaran virus penyakit.

Ketika Anda merasa khawatir, itu adalah pertanda bahwa ada hal yang tidak beres dan meningkatkan kewaspadaan Anda. Anda juga akan menyadari bahwa ada hal yang tidak beres dan membutuhkan penyelesaian yang tepat. Otak Anda menghasilkan berbagai macam outcomes, sehingga Anda memiliki waktu yang cukup untuk memikirkan berbagai macam solusi alternatif untuk setiap kemungkinan situasi. Dan berkat rasa cemas tersebut Anda pun jadi lebih dapat mengantisipasi kemungkinan buruk bahkan sebelum hal tersebut terjadi. 

Ternyata Kekhawatiran Bisa Bermanfaat, Percaya? | Breaktime
Vaksinasi adalah produk kecemasan yang terkelola baik

Seseorang yang mudah merasa cemas juga cenderung lebih hati-hati dalam mengambil keputusan. Dibandingkan dengan orang yang lebih carefree, seorang pencemas memiliki kemampuan untuk mengingat kembali berbagai pengalaman yang tidak mengenakkan, dan menggunakannya sebagai referensi untuk menghadapi situasi yang mengancamnya. To put it simply, Anda bukanlah seekor keledai yang jatuh di dalam lubang yang sama untuk kedua kalinya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik Cerdas Memulai & Sukses Berbisnis Online

Tapi walaupun rasa khawatir terbukti memiliki manfaat, tetap saja kadar kecemasan atau anxiety yang tidak terkendali dapat berdampak negatif  terhadap kesehatan mental Anda. Ancaman yang dibawa oleh rasa cemas yang berlebihan atau anxiety disorder memang nyata, dan sebisa mungkin penderita anxiety disorder mendapatkan support dan perawatan yang mereka butuhkan.

Jangan putus harapan B’Timers, karena rasa cemas yang berlebihan sebenarnya dapat diatasi. Hal paling sederhana yang dapat Anda lakukan untuk meminimalisir dan mengontrol rasa cemas Anda adalah, ketahuilah bahwa walaupun Anda tidak dapat mengontrol situasi yang terjadi Anda dapat mengontrol diri Anda sendiri. Ketahuilah bahwa Anda memiliki kekuatan untuk mengontrol rasa cemas tersebut dan mengubahnya menjadi emosi yang memotivasi Anda. You are King or Queen of yourself.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bukan Uang, Ini Yang Bisa Membeli Kebahagiaan!

Yang kedua, pandanglah masa depan namun berpeganglah pada masa sekarang. Memikirkan masa depan memang sangat mengerikan karena Anda tidak akan tahu hidup macam apa yang akan menyambut Anda. Masa depan memang unpredictable, tapi Anda masih bisa mengontrol diri Anda sendiri di masa kini. Apapun yang Anda lakukan di masa sekarang akan membantu membangun masa depan Anda, jadi fokuslah untuk menikmati hidup dan lakukan hal apapun yang bisa Anda lakukan sekarang.

And lastly, jagalah gaya hidup Anda. Tidurlah yang cukup, perbanyak olahraga, kurangi asupan minuman berkafein, dan penuhi asupan makanan bernutrisi. Ambillah liburan sesekali untuk melepaskan penat saat kerja, dan kelilingi diri Anda dengan orang-orang optimis.  Yuk, jadikan rasa cemas Anda menjadi energi positif. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE