Ternyata Ini yang Bikin Pebisnis Online Sukses! | Breaktime
Ternyata Ini yang Bikin Pebisnis Online Sukses!
26.01.2016

Kini, kita tak perlu susah-susah menawarkan barang secara direct selling atau door to door. Zaman serba online memungkinkan Anda berjualan melalui internet dan menghasilkan pundi-pundi rupiah hanya dengan menghadap layar ponsel atau laptop.

 Tak heran jika beberapa tahun terakhir ini bisnis online shop atau online store semakin menjamur. Berbagai produk ditawarkan mulai dari fashion, elektronik hingga kuliner. Lantas jika persaingan bisnis online sedemikian ketatnya, bagaimana kiat para pebisnis online meraih sukses dan untung besar?

Satu hal yang perlu Anda tahu, internet memang memudahkan para pelapak menawarkan dagangannya. Namun, bukan berarti mereka melakukannya dengan asal-asalan. Ternyata, inilah rahasia yang selalu dijalankan dengan serius oleh para pebisnis online.

Ternyata Ini yang Bikin Pebisnis Online Sukses! | Breaktime
Tulislah informasi yang jelas

Desain homepage

Homepage adalah wajah perusahaan, karena itu harus bisa dilihat dan dibaca dengan jelas oleh pengunjung atau pelanggan. Jangan membuat mereka kehilangan banyak waktu hanya untuk mencari tahu produk apa yang Anda jual dan layanan ekspedisi yang Anda gunakan. Deskripsikan dengan ringkas dan to the point dalam menyampaikan informasi penting.

Gambar produk

Gambar produk yang Anda unggah harus jelas, unik dan menarik. Namun, bukan berarti Anda melakukan editing terlalu berlebihan yang membuat gambar dan barang aslinya berbeda jauh. Intinya, buat bagaimana pengunjung atau follower akun dan website Anda tertarik untuk membeli.

Ternyata Ini yang Bikin Pebisnis Online Sukses! | Breaktime
Unggah gambar yang membuat penasaran

Waktu upload gambar

Hal yang tak kalah penting untuk menarik pemberi dalam bisnis online adalah timing  yang tepat. Kapan Anda mengunggah gambar produk Anda tentu berpengaruh besar. Sebisa mungkin unggahlah gambar saat pelanggan Anda sedang dalam waktu mengecek ponsel atau laptop. Misalnya, jam istirahat kerja atau jam setelah makan malam.

Deskripsi dan caption produk

Jangan membuat pelanggan Anda buta akan informasi foto yang Anda unggah. Berikan informasi atau caption pada gambar produk dengan jelas. Namun, untuk membuat pelanggan Anda semakin tertarik, Anda bisa menambahkan keyword “murah” dalam judul atau caption.

Ternyata Ini yang Bikin Pebisnis Online Sukses! | Breaktime
Beri keterangan yang jelas pada produk Anda

Promo dan diskon

Last but not least, promosi. B’timers harus tahu bahwa memberi potongan harga tidak akan membuat Anda rugi asalkan masuk akal. Sebaliknya, anggap memberikan diskon adalah modal Anda dalam berbisnis. Dengan sekali memberi potongan harga, pelanggan akan terkesan dan tak segan untuk berbelanja kembali.

Nah, bagaimana, B’timers? Sudah ada gambaran ingin berbisnis online dalam bidang apa? Ingat, yang paling utama adalah konsisten dan ulet. Jangan lupa juga bahwa semuanya membutuhkan proses.  (nap)

Share This Article