Rahasia Orang Tua Etnis Cina Cerdaskan Anak | Breaktime
Ternyata Ini Rahasia Orang Tua Etnis Cina Cerdaskan Anak
04.02.2016

Etnis Cina atau Tionghoa di Indonesia terbilang cukup besar. Bahkan, etnis Tionghoa tersebar hampir di seluruh kota dan daerah di Tanah Air. Hidup bersama penduduk dengan etnis yang bukan asli Nusantara ini membuat kita sedikit banyak mengenal tata cara atau pola hidup yang diterapkan oleh orang Tionghoa.

Satu sterotype yang melekat pada masyarakat Tionghoa adalah kesuksesan yang mereka raih. Kebanyakan anak-anak atau keturunan mereka pun terkenal cerdas dan menonjol jika dibandingkan dengan anak-anak dari etnis lain. Lantas, apa sih rahasia para orang tua Tionghoa mendidik anak agar cerdas dan sukses? Simak ulasannya!

Menekankan anak untuk selalu jadi yang terbaik

Orang tua Tionghoa selalu menekankan anak-anaknya untuk menjadi yang terbaik. Misalnya, ketika sang anak mendapat nilai B di kelas, maka mereka akan berkata, ‘Mengapa tidak mendapat nilai A?’. Ini mungkin terkesan menuntut sang anak, namun metode mendidik anak seperti ini memberikan hasil yang nyata. Itulah kenapa orang tua Tionghoa akan marah jika melihat anaknya menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain daripada belajar.

Rahasia Orang Tua Etnis Cina Cerdaskan Anak | Breaktime
Waktu senggang dioptimalkan untuk belajar

Selalu mengambil kesempatan

Salah satu doktrin yang diterapkan orang tua Tionghoa pada anak adalah untuk mengambil kesempatan yang ada. Orang Tionghoa cenderung ambisius dan tidak mengenal adanya kesempatan kedua. Ringkasnya, mereka tidak pernah melewatkan peluang yang dianggap baik. Tabu bagi orang Tionghoa untuk membuang waktu dalam meraih kesuksesan.

Menghindari bermain-main

Orang tua etnis Tionghoa mendidik anaknya dengan sangat ketat. Kedisiplinan ditekankan dengan tinggi sejak anak dalam usia dini. Jika diperhatikan, orang tua etnis Tionghoa jarang yang menyekolahkan anaknya di playgroup atau kelompok bermain lainnya. Mereka lebih suka mendidik anaknya dengan caranya sendiri agar kedisiplinan benar-benar melekat dalam pribadi sang anak.

Rahasia Orang Tua Etnis Cina Cerdaskan Anak | Breaktime
Orang tua etnis Cina lebih suka mendidik sendiri untuk anak usia dini

Menerapkan doktrin “sukses itu harus”

Ini yang membuat kebanyakan kaum Tionghoa meraih kesuksesan yang lebih jika dibandingkan penduduk pribumi. Orang Tionghoa memiliki semboyan atau moto hidup bahwa sukses itu harus. Karena itu, seorang anak yang tidak memiliki prestasi di sekolah akan dianggap melakukan kesalahan besar. Bagi mereka, sukses di sekolah adalah pembuka jalan meraih sukses dalam kehidupan. Slogan itulah yang akhirnya mendorong mereka untuk berusaha sebisa mungkin dalam meraih kesuksesan.

Nah, bagaimana, B’timers? Sudah punya gambaran mendidik anak agar sukses di sekolah dan di kehidupan yang sebenarnya? (nap)

Share This Article