Ternyata Ini Alasan Pria Sulit Menangis! | Breaktime
Ternyata Ini Alasan Pria Sulit Menangis!
23.08.2017

Meski sains mengatakan bahwa menangis adalah hal yang wajar, tetap saja budaya menjadi hal terkuat di dunia ini. Budaya tentang pria kuat tidak menangis begitu melekat dalam masyarakat. Bahkan hal ini menjadi identitas para pria bahwa kemaskulinan dinilai dari seberapa kuat mereka menahan air mata, kecuali dalam keadaan yang benar-benar menyedihkan. Hal ini jelas sangat berbeda dengan wanita.

Ternyata wanita menangis antara 30 sampai 64 kali dalam satu tahun, sedangkan pria menangis hanya sebanyak 6 sampai 17 kali setiap tahunnya. Sebenarnya apa sih yang membuat perbedaan ini sangat signifikan? Mengapa pria sangat sulit menangis? Apa saja faktor yang membuat pria sangat sulit untuk mengeluarkan air mata?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sering Menangis Bikin Kita Lebih Kuat, Benarkah?

Salah seorang psikolog, Georgia Ray menjelaskan beberapa alasan sosiologis dan fisiologis mengapa pria menumpahkan sedikit air mata daripada wanita. Faktor pertama terkait dengan sifat dan pengasuhan. Laki-laki memiliki tingkat prolaktin atau hormon yang ditemukan dalam air mata emosional yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan wanita.

Faktor budaya juga mempengaruhi, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Pada intinya, pria memiliki sedikit hormon yang memungkinkan mereka untuk menangis dan ketika hal itu terjadi, lingkungan sosial akan menghakimi.

Namun, sebenarnya menangis juga ada hubungannya dengan kesehatan. Menangis memiliki banyak manfaat yang mungkin tak banyak diketahui. Ketika seseorang menahan kesedihan mereka untuk tidak mengeluarkan air mata, maka yang terjadi adalah pengaruh terhadap tubuh. Emosi yang tertekan akan memicu perubahan fisiologis, sehingga menyebabkan gejala tekanan darah tinggi. Bahkan, menangis juga memiliki korelasi yang erat dengan kesehatan mental.

Ternyata Ini Alasan Pria Sulit Menangis! | Breaktime
Pria sulit menangis karena hormon dan budaya
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Airmata Artinya Lemah? Ini Manfaat dari Menangis!

Pada dasarnya, air mata manusia keluar karena berbagai alasan, seperti kesedihan, kemarahan, rasa bersalah, kebahagiaan, penyesalan, rasa syukur, dan banyak lainnya. Kalau menurut Dr. William Frey menangis adalah bagian dari pelepasan racun alami tubuh. Air mata emosional membawa lebih banyak protein daripada air mata biasa. Hal ini rupanya juga memicu proses penyembuhan pada manusia.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Stephen Buckley, siapapun memiliki masalah kesehatan mental, hanya saja pria cenderung tidak akan mencari dukungan dari orang-orang di sekitarnya. Mereka merasa malu untuk mencari bantuan tentang masalah yang dihadapi. Itulah mengapa sangat sedikit pria yang akan pergi ke dokter.

Sedangkan untuk wanita sendiri, mereka cenderung akan langsung mengatakan banyak hal pada teman dekat atau keluarga. Siapapun yang membuat mereka merasa nyaman untuk mendiskusikan masalah emosional yang sedang dihadapi. Kalau pria, lebih mengandalkan pasangan mereka.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tak Perlu Galau, Ini Cara Move On Dari Gebetan!

Meski masih banyak pria yang merasa malu ketika mereka menangis, tetap saja mengeluarkan air mata secara emosional lebih banyak memiliki manfaat. Menangis adalah cara utama untuk mengatasi masalah, langkah pertama mendapatkan pertolongan, dan mengembalikan mood yang berantakan.

Kesimpulannya, tak masalah jika seorang pria menangis. Meski faktor utama bukan hanya karena budaya tentang kemaskulinan, sudah saatnya untuk berhenti menahan air mata dan cobalah untuk mendapatkan support dari lingkungan sekitar Anda. Biasanya pria emosional di masa-masa kehilangan orang terkasihnya, seperti ibu atau istri karena kematian. Agar tidak timbul penyesalan besar, salah satu cara terbaik adalah lindungi orang tercinta dengan memberikan perlindungan terbaik di sini.



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE