Ternyata Begini Pengaruh Puasa Untuk Kehidupan! | Breaktime
Ternyata Begini Pengaruh Puasa Untuk Kehidupan!
15.06.2017

Menjalankan ibadah puasa adalah hal wajib bagi seluruh umat muslim di bumi. Seperti yang kita tahu bahwa puasa bukan hanya tentang menahan rasa haus dan lapar, tetapi bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik untuk waktu-waktu yang akan datang. Tak heran, jika berpuasa ternyata memiliki banyak manfaat dan ada banyak hikmah yang bisa diambil setelah selama satu bulan menjalankannya.

Apa saja, ya kira-kira manfaat yang bisa diambil setelah berpuasa? Breaktime punya jawabannya di bawah ini agar Anda tahu bahwa 30 hari tidak pernah sia-sia.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Makna Tersembunyi di Balik Sahur untuk Puasa

Berpuasa ternyata bisa melatih Anda untuk lebih disiplin waktu. Untuk membuat tubuh tetap fit selama puasa, maka tubuh memerlukan istirahat yang cukup. Nah, hal tersebut seringkali membuat seseorang tidur lebih teratur. Sahur pun juga membuat Anda lebih bisa bangun pagi.

Selain membuat jadi lebih disiplin waktu, B’timers juga akan mengalami keseimbangan dalam hidup. Saat bulan Ramadhan, bukan hanya mencari hal-hal yang berbau duniawi saja, tetapi juga membuat B’timers lebih kusyuk dan lebih banyak beribadah untuk mendapat berkah lebih banyak di bulan suci.

Bulan puasa juga jadi ajang mempererat tali silaturrahmi bagi sebagian besar orang. Hal tersebut dibuktikan dengan membagi takjil di masjid, sholat berjamaah di masjid, atau bahkan yang paling banyak dilakukan adalah adanya buka bersama dengan saudara atau teman-teman lama yang sudah tidak pernah bertemu. Bulan Ramadhan bahkan sering disebut sebagai bulan untuk ajang reuni.

Ternyata Begini Pengaruh Puasa Untuk Kehidupan! | Breaktime
Puasa buat Anda lebih hemat
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Stay Strong Saat Puasa, Ini Tips Sehat Ibu Menyusui!

Saat bulan Ramadhan tiba, Anda akan melihat banyak orang yang semakin peduli dengan sesamanya. Tak lain dan tak bukan hal ini dilakukan karena bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Namun demikian, Anda juga harus tetap melakukan hal-hal baik di bulan-bulan lain. Jadi, kepedulian Anda bukan hanya musiman dan bukan hanya karena mengejar pahala.

Di bulan puasa juga akan membuat setiap orang yang menjalankannya akan selalu berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Bukan hanya menahan lapar dan haus, saat berpuasa Anda juga dianjurkan untuk menjaga hati, mata, mulut, dan telinga. Bergunjing, berkata kotor, berbohong, dan hal-hal negatif lainnya sangat dilarang dilakukan di bulan puasa.

Hikmah lain yang bisa didapatkan saat bulan puasa adalah membuat setiap orang yang menjalankannya menjadi lebih banyak bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Sang Maha Kuasa. Tujuan dari berpuasa adalah agar kita merasakan apa yang dirasakan oleh fakir miskin yang seringkali kekurangan dan susah makan. Dengan begitu, kita akan merasa sangat bersyukur karena masih diberi rezeki untuk menghidupi keluarga sehari-hari.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Merasa Boros Saat Puasa? Ternyata Ini Penyebabnya!

Kualitas diri dalam beribadah juga akan meningkat selama bulan Ramadhan. Beribadah saat bulan Ramadhan haruslah dengan ikhlas dan ditujukan untuk mendapatkan ridho dari Sang Pencipta. Jika niat tersebut ditanamkan dalam diri, maka niscaya Anda akan mendapatkan kebaikan dari-Nya. Sebenarnya tidak hanya dilakukan saat berpuasa saja, tetapi juga kalau bisa setiap hari.

Satu hal yang paling penting adalah setelah Anda belajar untuk selalu bersyukur, bulan Ramadhan juga akan mengajarkan Anda untuk hidup lebih hemat dan sederhana. Otomatis saat berpuasa Anda tidak akan mengeluarkan banyak uang untuk makan siang atau sekedar jajan. Nah, ini kesempatan untuk menabung atau menggunakannya untuk hal-hal yang lebih bermanfaat.

Ada banyak hal bermanfaat yang bisa Anda lakukan, misalnya saja mengumpulkan uang untuk disedekahkan, untuk membayar zakat, atau ditabung untuk investasi masa depan yang lebih baik. Tidak bisa sembarangan memilih investasi yang tepat untuk Anda dan keluarga selama bulan puasa. B’timers harus benar-benar cek situs ini terbaik di internet. Dengan begitu, Anda dan keluarga bisa hidup lebih baik di masa depan. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE