Terlalu Boros? Ini Tips Agar Uang Awet di Dompet | Breaktime
Terlalu Boros? Ini Tips Agar Uang Awet di Dompet
06.03.2016

Sudah jadi hal yang biasa saat menjelang akhir bulan dompet B’timers mulai menipis alias uang hampir habis. Lebih parah lagi, ada yang baru beberapa hari menerima gaji, namun uang di dompet sudah tidak ada lagi. Sebenarnya, ini bukan tentang tanggal tua atau tanggal muda. Ini hanya tentang bagaimana Anda menggunakan uang agar selalu cukup untuk kebutuhan setiap bulan. Lalu, bagaimana tips agar uang awet di dompet? Yuk simak selengkapnya.

Pikirkan lagi kerja keras Anda

Penyebab utama uang cepat habis adalah karena sifat impulsif. Terlalu ‘ringan tangan’ untuk membeli ini dan itu yang sebenarnya tidak perlu. Lantas, bagaimana cara menghindari kebiasaan buruk tersebut? Pikirkan lagi, B’timers! Pikirkan lagi berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk bekerja dan dapat membeli benda tersebut dan pentingkah memiliki barang tersebut untuk hari-hari atau bulan-bulan berikutnya. Jika tidak, letakkan barang di tempatnya dan move on!

Terlalu Boros? Ini Tips Agar Uang Awet di Dompet | Breaktime
Jangan turuti kata hatii untuk beli yang tidak perlu

Belajar dari pengalaman

Pengalaman adalah guru terbaik. Ingat bulan lalu betapa menderitanya Anda saat kehabisan uang sebelum waktunya. Ingat-ingat lagi apa yang membuat dompet Anda cepat ‘kering’ dan hindari melakukan hal yang sama. Ingat betapa berharganya uang Anda dan dampak buruk apa yang akan Anda terima jika Anda boros.

Ambil lembur

Tips agar uang awet di dompet selanjutnya adalah dengan berani mengambil lembur. Saat atasan Anda memerintahkan untuk lembur, ambillah! Jika tidak, artinya Anda akan kehilangan uang. Anda mungkin tidak kehilangan uang secara teknis, tapi Anda kehilangan uang potensial. Jangan mengabaikan peluang masa depan jika Anda masih memiliki kesempatan untuk mengambil keuntungan.

Terlalu Boros? Ini Tips Agar Uang Awet di Dompet | Breaktime
Ambil lembur untuk dapatkan potensial money

Gunakan seperlunya

Uang 1 miliar di bank hanyalah sebuah jumlah saja. Namun uang 100 ribu akan terasa bermakna jika Anda menghabiskannya untuk quality time dengan orang terdekat. Artinya, uang sebenarnya sama sekali tidak bernilai, hingga Anda memberinya nilai. Jadi, gunakan uang untuk sesuatu yang penting dan membuat Anda bahagia tanpa harus menyesal di kemudian hari saat uang menipis.

Anggap uang tabungan adalah gaji tambahan

Kembali ke poin tentang tidak membelanjakan uang untuk hal yang tidak penting. Anda bisa melakukannya dengan berpikir bahwa uang yang tersimpan adalah pendapatan baru atau gaji tambahan. Gambarannya, Anda membatalkan niat membeli dompet seharga 500 ribu. Anggaplah bahwa Anda telah mengamankan 500 ribu Anda sebagai uang tambahan untuk disimpan.

Bagaimana? Semoga tips agar uang awet di dompet tersebut bermanfaat besar untuk Anda yang sedang ingin berhemat ya, B’timers! (nap)

Share This Article