Tenyata Ada Lho, Keuntungan Punya Teman Sarkastik | Breaktime
Tenyata Ada Lho, Keuntungan Punya Teman Sarkastik
08.03.2016

Punya teman berjiwa sarkastik dan sering membuat B’timers sakit hati dengan ucapannya memang mengesalkan. Namun, coba Anda pikirkan lagi. Beberapa perkataannya bisa jadi benar dan tepat menusuk pada realita yang ada. Tidak hanya itu saja, ternyata banyak juga keuntungan punya teman sarkastik seperti berikut ini nih!

Membuat Anda lebih ambisius

Sering mendengar ejekan dari teman berkaitan tentang Anda tidak bisa menyelesaikan sesuatu lebih baik? Bisa jadi itu candaan dengan bumbu-bumbu sarkasme karena memang nyatanya Anda seperti itu. Namun, tanpa B’timers sadari ejekan-ejekan berbau sarkasme tersebut justru meningkatkan motivasi Anda untuk mengerjakan sesuatu lebih baik dari sebelumnya. Teman sarkastik Anda justru memberikan inspirasi untuk berusaha lebih baik hingga mencapai batas maksimal kemampuan Anda.

Menjadikan Anda lebih open-minded

Salah satu keuntungan punya teman sarkastik adalah mempertajam otak Anda sehingga B’timers lebih kritis menghadapi suatu masalah. Sarkasme membuat kata-kata netral dan sederhana menjadi berkesan untuk dipertimbangkan. B’timers menjadi lebih pandai dalam mengambil sudut pandang lain dari suatu masalah yang terjadi. Anda juga tidak mudah berpihak pada salah satu pihak sebelum mengetahui lebih lengkap mengenai suatu masalah yang muncul.

Tenyata Ada Lho, Keuntungan Punya Teman Sarkastik | Breaktime
Sering mendapat sarkasme dari teman membuat Anda lebih kritis, lho

Meningkatkan kreativitas Anda

Mendengar kata-kata sarkastik yang menyebalkan setiap hari ternyata terbukti mampu meningkatkan kreativitas Anda lho. Beberapa studi menemukan bahwa sering bergesekan dengan kata-kata sarkastik menstimulasi bagian otak untuk menjadi lebih kreatif. Selain itu, B’timers berkemungkinan lebih bisa memiliki mental baja setelah mendengar banyak kata yang menusuk dari teman Anda.

Melatih kemampuan komunikasi lebih baik

Memiliki teknik komunikasi yang baik bukanlah hal yang mudah untuk dipelajari dalam semalam. Anda butuh berlatih setiap hari hingga benar-benar lancar dalam menyampaikan pendapat. Lain halnya jika B’timers memiliki teman yang sarkastik. Hari demi hari, tanpa sadar Anda akan dilatih untuk berdebat sehingga B’timers lebih pandai untuk membedakan candaan apa yang berkesan sarkasme atau hanya sekedar candaan ringan.

Membantu Anda mengetahui batas candaan

Teman sarkastik jelas merupakan teman menyenangkan yang penuh dengan beragam humor dan canda tawa. Beberapa candaan sarkastiknya mungkin terlewat batas sehingga menyakiti Anda. Namun, berdasarkan beberapa pengalaman B’timers mendengar candaan sarkastik itu, Anda lebih bisa memilah-milih candaan mana yang cocok untuk dilontarkan dengan candaan mana yang menyakiti hati orang lain. Dengan begitu, B’timers juga lebih disegani dan disenangi akibat candaan yang tahu batas tersebut.

Tenyata Ada Lho, Keuntungan Punya Teman Sarkastik | Breaktime
Bercanda juga perlu difilter berdasarkan siapa lawan bicaranya

Teman sarkastik tidak hanya menyebalkan untuk dimiliki kan, setelah mengetahui banyak keuntungan punya teman sarkastik tersebut? Jangan pandang sisi buruknya saja, dengan begitu Anda akan mampu melihat lebih luas dari segi positifnya juga. (ft)

Share This Article