Takut? Ini Tips Berkata “Tidak” pada Orang Lain! | Breaktime
Takut? Ini Tips Berkata “Tidak” pada Orang Lain!
16.10.2016

Anda memiliki kesulitan untuk menolak dan berkata “tidak” pada orang lain, B’timers? Well, kebanyakan orang memang lebih suka meng-iya-kan permintaan seseorang. Karena tidak ingin mengecewakan orang lain, akhirnya membuat kita mengorbankan banyak hal. Dan terkadang mengatakan “Iya” juga bukanlah solusi terbaik, lho. Nah, berikut ini tips menolak secara halus yang bisa Anda lakukan, B’timers!

Takut? Ini Tips Berkata “Tidak” pada Orang Lain! | Breaktime
Beranilah menolak tugas yang bukan tanggung jawab Anda

Don’t be afraid, just say that word!

Tidak perlu bertele-tele atau menawarkan alasan lemah untuk menolak permintaan dari seseorang, jika Anda memang tidak ingin melakukannya, B’timers. Menunda mengatakan “Tidak” atau mengulur waktu, justru akan membuat Anda terlihat tidak tulus, lho. Berikan alasan singkat dan seperlunya saja.

Tunjukkanlah sikap tegas serta sopan

Anda bisa menolak dengan cara mengatakan, “Maaf, tapi saya tak bisa membantumu saat ini. Tapi lain kali, saya akan menghubungi Anda lagi jika saya bisa membantu.” Atau Anda bisa mengatakan padanya, “Saya menghargai permintaan Anda, tapi saya tidak terlalu berbakat untuk melakukannya.”

Sadari bahwa menolak tidak masalah

Mengatakan tidak itu bukanlah masalah besar, lho, B’timers. Mungkin Anda merasa tidak nyaman telah mengecewakan orang lain. Namun kenyataannya, ketakutan dan kekhawatiran tersebut hanya muncul dari dalam pikiran saja. Bahkan orang lain mengerti kenapa Anda menolak untuk melakukannya.

Takut? Ini Tips Berkata “Tidak” pada Orang Lain! | Breaktime
Menolak bukan tanda Anda tidak peduli, lho, B’timers

Cobalah menunda sejenak respon Anda

Jika Anda tidak tertarik pada permintaannya, menunda jawaban adalah cara paling tepat menunjukkan tidak adanya minat, lho, B’timers. Jika Anda diminta pertolongan melalui surat elektronik, sebaiknya tunda membalasnya selama beberapa minggu. Dengan demikian, Anda tak perlu menjawab.

Anda diizinkan untuk bersikap egois

Setiap orang diperbolehkan untuk menempatkan kebutuhan mereka terlebih dahulu, lho. Dan jika Anda lebih memprioritaskan kebutuhan orang lain, yang akan terjadi adalah produktivitas dan kebencian kita akan menurun drastis. Kunci untuk sukses adalah dengan berani berkata “Tidak” pada orang lain.

Tak perlu takut untuk berkata “Tidak”, karena Anda juga memiliki tanggung jawab sendiri, B’timers. (NO)

Share This Article