Takut dengan Ketinggian? Ini Tips Mengatasinya! | Breaktime
Takut dengan Ketinggian? Ini Tipsnya untuk Mengatasi
28.04.2016

Anda suka bungee jumping, B’timers? Well, mungkin banyak orang menganggap loncat dari ketinggian itu sangat menyenangkan, tapi sebagian yang lain melihat itu sebagai mimpi terburuk mereka! Rasa mual pada perut, pusing, hingga serangan panik yang tidak dapat dikendalikan, itu semua merupakan gejala yang ditimbulkan jika seseorang memiliki ketakutan saat berada di ketinggian. Dan berikut beberapa tips untuk mengatasi takut ketinggian yang bisa Anda lakukan, B”timers!

Akui kebenaran terhadap ketakutan

Dalam banyak situasi, takut jatuh dari ketinggian sama sekali tidak beralasan. Cobalah untuk menenangkan diri saat Anda berada di ketinggian dan melihat segalanya dengan lebih jelas. Perhatikan benda-benda sekitar yang dapat menghalangi Anda dari jatuh, misalnya pegangan tangga atau jendela, lalu usahakan tetap fokus.

Takut dengan Ketinggian? Ini Tips Mengatasinya! | Breaktime
Anda takut ketinggian, akui saja itu!

Cobalah untuk tenang dan rileks

Tips lain untuk mengatasi takut ketinggian yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengingatkan diri sendiri bahwa tidak ada hal buruk yang akan terjadi pada Anda. Coba ambil napas dalam-dalam dan singkirkan pikiran negatif yang ada di kepala Anda. Ganti dengan anggapan positif bahwa Anda berada di tempat aman dan tidak akan jatuh.

Latih diri menghadapi ketinggian

Dengan menghadapi rasa takut yang Anda miliki, ketakutan itu akan semakin berkurang. Luangkan waktu untuk menengok ke bawah tangga atau mengintip keluar dari jendela di lantai pertama. Anda bisa melakukan latihan ini secara bertahap untuk menghilangkan ketakutan pada ketinggian. Yang perlu diingat, lakukan perlahan saja, ya, B’timers?

Takut dengan Ketinggian? Ini Tips Mengatasinya! | Breaktime
Ajak teman minum kopi di lantai atas gedung kantor

Hapus kafein dari diet Anda

Mengonsumsi kafein dapat menjadi faktor yang meningkatkan kecemasan, lho. Apalahi jika Anda takut pada ketinggian. Batasi atau hentikan kebiasaan minum kopi di pagi hari untuk mengurangi gejala. Tanpa asupan kafein, Anda tidak akan merasa tegang dan lebih santai saat menghadapi rasa takut. Dengan demikian Anda akan mudah menghadapinya.

Melupakan masa lalu

Ketakutan yang Anda miliki saat ini merupakan perkembangan dari peristiwa di masa lalu dalam hidup, B’timers. Coba ingat, mungkin Anda pernah jatuh dari tempat yang cukup tinggi ketika masih kecil, dan kenangan itu membekas di pikiran. Lupakan masa lalu dan kenangan buruk apapun yang pernah Anda alami, dan hadapi realita yang ada saat ini, B’timers.

Takut dengan Ketinggian? Ini Tips Mengatasinya! | Breaktime
Jatuh dari tangga, bukan sakit yang dipikir, tapi malunya itu, lho!

Percayai orang di sekitar

Beritahu teman terdekat tentang ketakutan Anda pada ketinggian dan minta mereka untuk membantu Anda mengatasinya. Percayakan diri Anda pada orang yang mengerti masalah ketakutan tersebut, B’timers. Mereka akan memberikan kenyamanan dan dukungan yang mungkin dibutuhkan untuk mengalahkan fobia Anda.

Jutaan orang telah melupakan ketakutan mereka pada ketinggian, jadi Anda pun dapat mengatasinya, B’timers. Intinya dalam mengatasi takut ketinggian adalah dengan memksakan diri untuk menghadapinya. (NO)

Share This Article