Tak Perlu Menunggu Pekerjaan Baru, Ciptakan Sendiri Bisnis Anda | Breaktime
Tak Perlu Menunggu Pekerjaan Baru, Ciptakan Sendiri Bisnis Anda
26.09.2015

Tak bisa dipungkiri, faktor ekonomi menjadi pendorong utama seseorang untuk bekerja. Sayangnya, karena berbagai alasan, terkadang sejumlah perusahaan melakukan PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja untuk mengurangi jumlah karyawannya. Dalam kondisi itulah, banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk memulai usaha. Namun, mendirikan bisnis tidaklah semudah itu, B’timers. Terutama, persiapan mental yang harus dilakukan agar Anda tak “kaget” saat mengalami jatuh bangun dalam menjalankan usaha, seperti berikut ini:

Segera fokus untuk mencari solusi

Saat bisnis mengalami masalah, beberapa pengusaha cenderung menghindari masalah atau bahkan menganggap masalah itu tak ada. Dalam situasi seperti itu, justru seorang pengusaha harus bisa mengerti apa masalah yang sebenarnya terjadi, dan berusaha mencari solusi yang terbaik.

Jangan pernah menyalahkan apapun dan siapapun

Dalam situasi yang penuh dengan tekanan, takkan ada waktu untuk menyalahkan keadaan. Sebagai pemimpin, Anda harus mampu untuk tetap bersikap tenang, mencari akar masalah dan fokus pada solusi yang paling tepat untuk menyelesaikan masalah.

Seorang pengusaha harus punya persiapan mental yang kuat
Seorang pengusaha harus punya persiapan mental yang kuat

Menerima kegagalan dengan lapang dada

Seorang wirausaha seringkali berpikir secara perfeksionis. Sehingga jika terjadi situasi yang “membahayakan” perusahaan, seorang pemilik usaha justru menghabiskan waktu menganalisa situasi untuk menemukan solusi. Ini keliru karena justru “membuang” waktu. Bersikaplah menerima bahwa kesempurnaan tak bisa membantu Anda menyelesaikan masalah.

Ingat bahwa tak ada yang ingin Anda gagal

Penting untuk menyadari bahwa seberat apapun situasi Anda, pada dasarnya itu bukan disebabkan pihak-pihak lain yang sengaja menginginkan Anda gagal. Justru, dalam situasi seperti ini Anda harus percaya pada partner Anda untuk membantu Anda menyelesaikan masalah.

Siap bekerja keras dengan sungguh-sungguh

Jika sebelumnya Anda bekerja sebagai karyawan yang bekerja mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore, kini Anda harus siap bekerja lebih keras lagi. Sebab, Anda tak lagi bekerja untuk perusahaan, namun Andalah sang pemilik yang memiliki kewajiban mengelola dan memajukan perusahaan. Jadi, Anda takkan lagi bisa sesantai saat menjadi karyawan.

Itulah yang harus Anda persiapkan secara mental sebelum membangun usaha. Pastikan Anda sudah siap untuk benar-benar berjuang dan bekerja keras menghadapi kegagalan maupun kesuksesan. Sebab itulah yang harus dilakukan seorang entrepreneur, B’timers. (md)

Share This Article