Tak Perlu Bawel, Ini Tips Menyuruh Anak Belajar! | Breaktime
Tak Perlu Bawel, Ini Tips Menyuruh Anak Belajar!
25.02.2017

Ayo, belajar dulu sebelum menonton televisi!” Tapi teriakan Anda justru tak diacuhkan oleh anak-anak yang masih saja sibuk berebutan acara televisi kesukaan mereka atau berkejar-kejaran di halaman. Well, menyuruh anak untuk belajar adalah hal yang sangat berat. Dan inilah tantangan yang paling besar yang dihadapi setiap ibu muda. Bayangkan jika Anda harus bergelut dengan masalah ini setiap hari, B’timers!

Belajar tidak hanya penting untuk membantu buah hati lebih mengerti di dalam pelajaran sekolah saja, lho. Dengan belajar, mereka juga akan semakin memahami banyak hal yang ada di dalam hidup mereka nantinya, B’timers. Namun jika Anda selalu diabaikan setiap kali menyuruh mereka untuk belajar, tentu sangat menyakitkan, ya. Eits, tak perlu bawel lagi, kok. Ini tips menyuruh anak belajar untuk ibu muda!

Tak Perlu Bawel, Ini Tips Menyuruh Anak Belajar! | Breaktime
Jika anak tak mau belajar, jangan dimarahi, ya, B’timers

Well, bukanlah hal yang mengherankan lagi, apabila anak-anak susah ketika disuruh belajar. Namun tak perlu khawatir, B’timers. Saat buah hati selalu sulit setiap kali Anda menyuruhnya untuk belajar, cobalah sesekali Anda memberikan kontrol pada mereka. Untuk anak-anak, mereka malas belajar karena mereka tidak memiliki kontrol atas apa yang mereka lakukan.

So, ajaklah mereka untuk berdiskusi dan tanyakanlah apa yang ingin mereka kerjakan terlebih dahulu. Ini akan memberikan motivasi kepada mereka secara tidak langsung. Tak hanya itu, dengan Anda mengajak buah hati untuk menjadi lebih terbuka, B’timers. Dengan cara ini, Anda juga ikut mendorong anak untuk mau mengekspresikan pendapat dengan keinginannya.

Nah, di saat buah hati sudah mulai terbuka mengenai apa yang sebenarnya mereka inginkan, Anda tidak lantas langsung melepaskan diri begitu saja, lho, B’timers. Tunjukkan antusiasme dan ketertarikan Anda pada minat yang mereka miliki. Anda juga dapat menawarkan diri untuk memberikan tantangan berupa tugas atau kuis yang harus mereka selesaikan, B’timers.

Tak Perlu Bawel, Ini Tips Menyuruh Anak Belajar! | Breaktime
Tetap damping buah hati ketika mereka belajar, ya?

Sebaiknya jangan meninggalkan buah hati saat mereka mulai tenggelam pada salah satu mata pelajaran. Anda bisa mengajak mereka untuk saling berdiskusi mengenai informasi tambahan dari bidang pelajaran yang mereka dalami. Dan padukan jam belajar anak-anak di rumah dengan sedikit permainan yang bikin mereka semangat. Atau ajak mereka belajar di taman.

Tanyakan pada buah hati Anda tentang apa saja yang telah mereka pelajari selama di sekolah. Hindarilah menanyakan nilai atau peringkat mereka di kelas, B’timers. Karena hal ini justru bakal membuat mereka semakin merasa tertekan dengan jam belajar di rumah. Untuk meningkatkan kepercayaan diri, mintalah anak-anak mengajari Anda tentang pelajaran di sekolah.

Untuk semakin meningkatkan hubungan Anda dengan buah hati, Anda dapat membantu mereka setiap kali mereka akan menyiapkan tugas sekolah. Tetapi usahakan agar buah hatilah yang memegang kendali atas apa yang kalian berdua lakukan bersama, B’timers. Jika dia tampak kesulitan menyelesaikan tugas, bantulah buah hati Anda dengan lembut, namun tegas.

Setelah mereka rutin menjalankan jadwal belajar di rumah, Anda bisa memberikan apresiasi pada buah hati untuk menambah semangat mereka, B’timers. Mungkin dengan mentraktir atau memasakkan anak-anak makanan kesukaan mereka, atau membelikan mereka barang yang sangat diinginkan. Namun Anda bisa meningkatkan tanggung jawab mereka setelah ini.

Akan semakin seru, apabila Anda dan buah hati membuat sebuah buku untuk diisi dengan hasil belajar setiap harinya. Dan di halaman terakhir, berikan kupon yang dapat mereka gunakan untuk apapun. Ini tentu akan menarik hati mereka untuk semakin rajin belajar dan menuruti apa yang Anda perintahkan pada jam belajar di rumah. B’timers. So, semangatlah! (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE