Tak hanya virus penyakit, mood juga bisa menular | Breaktime
Tak hanya virus penyakit, mood juga bisa menular
05.10.2017

Baru-baru ini, terdapat hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ungkapan “Kelilingi diri Anda dengan orang beraura positif” ternyata benar adanya. Kok bisa?

Para peneliti dari Universitas Warwick menganalisis data dari jaringan pertemanan di sekolah-sekolah di Amerika Serikat. Mereka menemukan bahwa suasana hati dapat dengan mudah menyebar di antara lingkungan teman, mulai dari mood positif dan penuh keceriaan hingga gejala depresi seperti perasaan putus asa dan kehilangan minat. Namun B’timers jangan khawatir karena pengaruh suasana hati yang buruk pada teman tidak akan membuat Anda dengan mudah merasa depresi, demikian pula sebaliknya. Hal tersebut disebabkan karena depresi merupakan gangguan mental yang berat dan bukan sekedar berupa mood yang kacau.

Model matematis yang dilakukan para peneliti tersebut berhasil membuktikan bahwa seseorang yang memiliki suasana hati buruk dalam lingkungan pertemanan tertentu cenderung membuat anggota kelompok lainnya memiliki kemungkinan lebih besar untuk memiliki suasana hati yang sama buruk dan semakin sulit untuk meningkatkan suasana hati. Demikian halnya dengan suasana sosial circle yang cenderung positif akan membuat seluruh anggota kelompok dengan mudah mempertahankan kebahagiaan. Rob Eyre, peneliti kesehatan masyarakat dari Universitas Warwick menyatakan bahwa komponen dari suasana hati individual seperti selera makan hingga rasa lelah dan lesu dapat menular dari satu orang ke orang lainnya dalam lingkungan pertemanan yang sama. Gejala tersebut disebutnya sebagai proses social contagion.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pernah Garuk Kepala Saat Stres? Ini Manfaatnya!

Meski nampaknya berbahaya karena Anda bisa dengan mudah tertular oleh suasana hati teman yang sedang buruk, hal tersebut juga menunjukkan adanya secercah harapan untuk menyembuhkan gejala depresi pada seseorang. Dukungan sosial dan pertemanan terbukti dapat memberikan manfaat positif dalam mengurangi gejala depresi seseorang. Tentu saja hal tersebut merupakan manfaat positif yang dapat dipetik dari pengaruh paparan ekspresi emosional antar individu dalam kelompok pertemanan terhadap satu sama lain. Alih-alih menghindari berteman dengan orang yang menunjukkan gejala depresi, B’timers bisa melakukan upaya untuk memberikan lingkungan yang positif dan pertemanan yang saling mendukung satu sama lain. 

Tak hanya virus penyakit, mood juga bisa menular | Breaktime
Mood ternyata bisa dengan mudah menular antar individu, kok bisa?

Dengan meningkatnya angka kejadian upaya bunuh diri belakangan ini, berbagai upaya perlu dilakukan untuk merangkul para penderita depresi, salah satunya tentu dengan memberikan paparan sosialisasi dalam lingkungan pertemanan yang positif dalam mengurang gejala depresi. Salah satu upaya penanganan kesehatan masyarakat tersebut menuturkan bahwa depresi jauh berbeda daripada sekedar suasana hati yang kacau. Tentunya masih banyak upaya yang bisa dilakukan untuk memperbaiki suasana hati, seperti olahraga ringan, istirahat cukup, serta manajemen stress yang baik, selain dari lingkungan pertemanan yang positif.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tidak Suka Dengan Pekerjaanmu? Coba Lakukan Ini!

Upaya pencegahan depresi dapat dilakukan mulai dari tingkat yang paling sederhana, seperti meningkatkan kualitas hubungan pertemanan dengan mempertahankan aura positif dalam social circle. Upaya konseling akan terus dibutuhkan dalam membangun kelompok pertemanan yang konstruktif dan beraura positif. Hubungan pertemanan yang baik sejak masa sekolah terbukti mampu mengurang gejala depresi hingga menghilangkannya sama sekali di tahap kehidupan selanjutnya saat beranjak dewasa. Upaya pencegahan menularnya suasana hati yang memburuk ternyata terbukti bisa mengurangi risiko timbulnya depresi dan memangkas angka kejadian bunuh diri secara drastis.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ingin Bekerja Sambil Berbisnis? Lakukan Ini Dulu!

Kesimpulannya? Manfaatkan kemungkinan menularnya mood tersebuk untuk senantiasa melakukan hal positif yang dapat menceriakan suasana hati Anda dan teman-teman Anda ya, B’timers! (dee)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE