Susah Nyambung dengan Introvert atau Ekstrovert? | Breaktime
Susah Nyambung dengan Orang Introvert atau Ekstrovert? Ini Tipsnya!
13.01.2016

Sudah berapa banyak orang yang mengeluh tak nyambung bicara karena ia berkarakter ekstrovert, sedangkan lawan bicaranya adalah orang introvert atau sebaliknya? Secara psikologis, memang terdapat perbedaan antara dua tipe karakter tersebut. Namun, menjadikannya sebagai alasan bahwa hubungan B’timers jadi tak akur tentu saja, doesn’t make sense!

Faktanya, masih banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk bisa saling nyambung saat berkomunikasi satu sama lain. Nah, berikut Breaktime bagikan smart tips-nya untuk Anda!

Fakta yang perlu diketahui oleh introvert tentang ekstrovert

  • Orang ekstrovert juga bisa menjadi pendengar yang baik

Siapa bilang kalau orang ekstrovert sangat talkative dan tak bisa jadi pendengar yang baik? Menurut Jennifer Kahnweiler, seorang pembicara profesional dan penulis buku “The Genius Of Opposites” menuturkan bahwa orang ekstrovert sangat mengutamakan orang lain. Bahkan, mereka bisa memancing pertanyaan menarik yang bikin orang introvert bercerita panjang-lebar dan jadi terbuka.

  • Ekstrovert suka obrolan panjang

Kebanyakan orang introvert memang paling benci small talk dan beranggapan orang ekstrovert justru menyukainya. Padahal, tidak demikian. Justru orang ekstrovert melihat small talk semacam salam atau ucapan basa-basi, hanya sebagai pembuka yang mengarah pada obrolan hangat, santai, panjang, dan penuh makna.

Susah Nyambung dengan Introvert atau Ekstrovert? | Breaktime
Baik orang ekstrovet maupun introvet, dua-duanya sama asyik, kok!

Nah, kini giliran B’timers yang memiliki karakter ekstrovert untuk memahami orang introvert lebih dalam dengan mengenali fakta-fakta berikut:

     1. Introvert tak suka bicara

Karakter introvert yang lebih pendiam memang kerap bikin Anda mati gaya. Sikapnya yang cool tersebut seolah menandakan bahwa mereka tak suka banyak bicara. But you’re wrong, B’timers! They do love talking!

Hanya saja, orang introvert memang tak bisa bercerita panjang-lebar ke sembarang orang. Awali saja bercerita hal sederhana dan biarkan orang introvert melakukan penilaiannya atas diri Anda. Bila ia telah mengetahui gambaran diri Anda secara umum, dia akan enteng bercerita.

     2.Introvert suka sendirian

Sudah jadi rahasia umum bila orang introvert memang mencintai kesendiriannya. Tapi, bagaimanapun juga mereka adalah manusia biasa yang juga butuh sahabat terbaik untuk berada di sisinya. Indeed, they need someone to talk to and trust! Just like us! Hanya saja Anda memang perlu membaca lebih jeli kapan mereka benar-benar ingin sendiri dan kapan mereka butuh ditemani.

Dengan mengenali dua karakter tersebut secara bersamaan, B’timers jadi punya gambaran lebih jelas saat berhadapan dengan orang ekstrovert ataupun introvert, bukan? Bahkan, berteman dengan karakter orang yang berseberangan dengan diri Anda bisa jadi momen paling amazing yang tak akan terlupa seumur hidup, lho! Let’s try then! (vsc)

Share This Article