Tips Parenting Mendidik Anak Berkarakter Manis
Surprising Parenting Secret: Tips Rahasia Didik Anak Berkarakter
23.07.2015

Di saat banyak pasangan yang merasa stres dengan kenakalan buah hatinya, pernahkah Anda terkesima dengan karakter seorang anak yang begitu mengagumkan? Pasti pertanyaan selanjutnya yang meluncur adalah “how they do that?”. Ternyata, dengan menerapkan sejumlah trik parenting berikut ini Anda juga bisa memiliki buah hati dengan karakter tak kalah sweet. Yuk, simak ulasannya:

Biarkan anak membuat keputusan

Robert Brooks, PhD, co-author buku Raising a Self-Disciplined Child menganjurkan orang tua untuk mulai memberikan kebebasan pada anak dalam membuat keputusan. Langkah ini secara perlahan-lahan akan mengasah sisi kedewasaannya dan keberaniannya dalam bertanggung jawab atas keputusannya. Sebagai contoh, Anda bisa melatih anak untuk memilih baju bermain yang ingin ia kenakan, buku yang ingin ia baca, atau hobi yang ingin ia tekuni.

Dorong anak untuk terus mencoba

Dorong anak untuk terus mencoba hal baru hingga berhasil
Dorong anak untuk terus mencoba hal baru hingga berhasil

Membantu anak untuk menyelesaikan pekerjaannya memang lebih cepat dan praktis. Namun, di saat seperti ini penting bagi Anda untuk tidak mengintervensi aktivitas anak bila ingin ia benar-benar tumbuh mandiri.

Hal inilah yang dianjurkan oleh Donna M. Gennett, PhD, penulis Help Your Kids Get iIt Done at Home and School. Biarkan anak untuk belajar sendiri mengikat tali sepatunya, membereskan mainannya, atau mencoba melakukan hal baru lainnya. Bila ia belum berhasil, dorong anak dengan kata-kata positif untuk terus mencoba hingga berhasil.

Rangsang kemampuan inisiatif anak

Umumnya, anak-anak sangat kaya akan berbagai pertanyaan untuk dilontarkan. Nah, alih-alih memberikan jawaban dengan mudah, cobalah untuk bertanya kembali atas pertanyaan yang diberikan.

Sebagai contoh, anak sedang bertanya tentang apa yang harus dilakukan ketika ia belajar memasak atau membersihkan sepedanya, maka bertanyalah padanya “Menurut kakak/ adik, apa yang harus dilakukan?” dengan begitu ia akan terasah untuk lebih banyak berpikir dan menemukan inisiatif.

Tunjukkan kesabaran

Membentuk karakter anak yang mengagumkan tidaklah semudah membalik telapak tangan. Dibutuhkan kesabaran untuk melatih kepribadian anak yang baik sampai hal tersebut benar-benar mengakar dalam dirinya.

Selain itu, Michael Osit, EdD juga menyarankan untuk mengajak anak lebih terlibat dalam aktivitas yang hasilnya tak langsung terlihat saat itu juga, seperti menanam bibit bunga atau buah. Aktivitas ini juga akan melatih kesabaran anak untuk lebih menikmati proses. Hal inilah yang juga akan berperan besar dalam pembentukan karakternya yang dewasa.

Nah, apakah B’timers siap memiliki buah hati dengan karakter yang baik dan menyenangkan? Yuk, mulai terapkan strategi parenting ini pelan-pelan di rumah, ya!

Share This Article