Sulit Konsentrasi? Tidak Lagi dengan Trik Ini! | Breaktime
Sulit Konsentrasi? Tidak Lagi dengan Trik Ini!
06.04.2016

Mulai dari masalah pekerjaan, kehidupan sosial hingga kesibukan di rumah. Ya, di dunia yang sibuk ini kita dituntut untuk menyelesaikan segalanya dengan cepat. Itulah mengapa kita semakin sulit konsentrasi pada satu hal di satu waktu tertentu. Ya, belum lagi dengan adanya gadget yang selalu mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Anda juga merasakannya, B’timers? Namun dengan trik ini, menjaga konsentrasi tidak lagi sulit, B’timers.

Tukar kafein dengan kardio

Jika Anda selalu mengandalkan 3 cangkir latte untuk membantu menjaga konsentrasi, ini hanya akan membuat kepala berdengung saja, B’timers. Daripada menghabiskan minuman berkafein, akan lebih baik jika Anda menggantinya dengan latihan fisik. Menurut Michael Coates, seorang ahli kesehatan mengatakan, aktivitas fisik terbukti dapat mempertajam fokus. Hal ini disebabkan karena otak melepaskan bahan kimia yang dapat mempengaruhi proses belajar dan daya ingat.

Sulit Konsentrasi? Tidak Lagi dengan Trik Ini! | Breaktime
Latihan fisik dapat dilakukan di manapun dan kapanpun

Minum lebih banyak air

Sebuah penelitian di The Journal of Nutrition 2012 menemukan dehidrasi ringan dapat menyebabkan berkurangnya perhatian. Contohnya saat seorang wanita mengalami dehidrasi kurang dari 2 persen, kemampuan untuk berkonsentrasi telah rusak, lho, B’timers. Ini karena otak mendeteksi adanya perubahan kecil yang terjadi di dalam tubuh mereka. Dan sebenarnya haus bukan tanda yang harus diperhatikan, melainkan ketika Anda mulai kehilangan fokus, itulah waktunya untuk minum.

Serius mengenai rutinitas tidur

Tidak mampu atau sulit konsentrasi sering disebabkan oleh kurangnya tidur. Sesering apapun Anda mendengar untuk jangan mengabaikan jadwal tidur, tapi sesering itu pula kita mengabaikannya dan menganggapnya hanya gurauan belaka. Padahal dengan tidur yang cukup dan teratur, kekuatan otak semakin meningkat dalam menjaga fokus, B’timers. Jadi untuk mendapatkan kemampuan menjaga konsentrasi, Anda perlu tidur nyenyak 7 hingga 9 jam setidaknya dua minggu sekali.

Sulit Konsentrasi? Tidak Lagi dengan Trik Ini! | Breaktime
Begadang ternyata dapat merusak kemampuan kita berkonsentrasi, lho!

Goyangkan kaki (Seriously?)

Pernah tidak Anda memergoki seseorang mengangguk, menggerak-gerakkan tangan atau kaki saat di tengah rapat? Sifat tersebut adalah spontanitas dari tubuh untuk mendapatkan kegembiraan, lho. Hmm, sedikit aneh, sih. Tapi, menurut Olivia Fox Cabane, penulis The Charisma Myth, saat seseorang tidak melakukan apapun dalam jangka waktu tertentu, mereka akan mencari kesibukan lain. Contohnya, ya, dengan menggoyangkan kaki atau tangan tadi, B’timers.

So, dengan cara sederhana di atas, kini Anda tidak perlu bingung lagi memikirkan bagaimana cara meningkatkan konsentrasi, bukan? Nah, agar tak sulit konsentrasi, sebaiknya juga imbangi dengan membatasi penggunaan smartphone, ya, B’timers. Karena, penggunaan gadget secara berlebihan menghalangi kita menjaga kemampuan untuk tetap fokus pada tugas tertentu, lho. (NO)

Share This Article