Suka Dengarkan Musik? Ini Pengaruhnya Bagi Emosi | Breaktime
Suka Dengarkan Musik? Ini Pengaruhnya Bagi Emosi!
02.01.2017
“You are what you hear” – Annonymous

Musik jenis apa yang biasanya Anda dengarkan, B’timers? Seperti yang sering Anda baca, mendengarkan alunan musik dapat memberikan pengaruh positif terhadap pikiran. Bahkan suasana hati dapat berubah saat kita mendengarkan musik. Dan benar, bahwa setiap orang memiliki genre musiknya masing-masing. Yuk, intip pengaruh mendengarkan musik bagi psikologi kita, B’timers.

Suka Dengarkan Musik? Ini Pengaruhnya Bagi Emosi | Breaktime
Musik mampu mempengaruhi emosi orang

Salah satu manfaat mendengarkan musik adalah meningkatkan kesehatan atau kestabilan pikiran serta emosi. Musik cukup ajaib untuk mengubah hari yang biasa menjadi salah satu hari yang paling luar biasa. Terdapat sensasi yang kuat dari alunan musik dan hal itu mempengaruhi pikiran dan suasana hati setiap orang, B’timers.

Jika Anda membutuhkan alat untuk membangkitkan emosi dan perasaan, musik memiliki kekuatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan bahasa. Musik bisa membangkitkan berbagai pengalaman yang tersimpan di dalam otak. Hal ini karena sang komposer punya kemampuan untuk memanipulasi emosi dalam musik yang disusun.

Dan meskipun musik yang ada di seluruh dunia sepanjang zaman ini menampakkan kemiripan dari segi bahasa, kenyataannya masing-masing musik terlibat di dalam struktur otak primitif yang mempengaruhi motivasi dan juga emosi. Jadi jangan heran, ketika Anda mendengarkan musik, seolah datang dorongan yang positif.

Suka Dengarkan Musik? Ini Pengaruhnya Bagi Emosi | Breaktime
Kadang kita punya interpretasi berbeda pada satu musik

Menurut profesor Daniel Levitin, seorang neuroscientist sekaligus komposer, mengungkapkan bahwa di balik musik, tersembunyi misteri yang menghubungkan emosi di dalam sebuah musik dengan keadaan emosi seseorang. Tingkatan hubungan tersebut sepertinya tergantung dari masing-masing individu yang mendengarkan musik.

Wah, ternyata hanya dari salah satu bentuk karya seni, bisa memberi pengaruh terhadap kondisi emosional seseorang, ya, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE