Awas! Ternyata Stress Bisa Menular Seperti Virus Loh | Breaktime
Stres Bisa Menular Layaknya Flu, Benarkah?
20.07.2015

Pernahkah B’timers tiba-tiba merasa tertekan saat melihat orang lain dalam keadaan stres? Ternyata, hal tersebut bukan hanya kebetulan belaka. Penelitian yang dilakukan oleh Tony Buchanan dkk, dari Departemen Psikologi Saint Louis University membuktikan bahwa stres ternyata bisa menular seperti halnya penyakit flu.

Tony Buchanan dan tim melakukan penelitian dengan memberikan soal-soal matematika yang rumit pada beberapa orang. Selanjutnya, beberapa orang lainnya diperintahkan untuk mengamati kelompok yang sedang mengerjakan soal matematika. Hasilnya, mereka yang tidak mengerjakan soal ikut merasaka stres yang dialami kelompok lainnya. Padahal, orang-orang dari ke dua kelompok ini belum saling kenal sebelumnya.

Dampak penularan stres lebih besar ke pasangan
Dampak penularan stres lebih besar ke pasangan

Ada lagi sebuah penelitian yang diunggah dalam Psychoneuroendocrinology, mengenai penularan stres pada pasangan. Dalam penelitian tersebut, diambil sampel sebanyak 150 pasangan baik yang masih pacaran atau yang sudah menikah. Pasangan-pasangan ini dibagi menjadi dua kelompok, yang mengerjakan soal matematika rumit dan satu lagi yang mengamati melalui video.

Hasilnya, potensi penularan stres semakin tinggi pada pasangan yang sudah bersama dalam waktu lama dan saling mengenal dengan baik. Peningkatan hormon kortisol pada mereka yang mengamati pasangannya mengerjakan soal matematika, bisa mencapai 40%.

Dari penelitian-penelitian tersebut, kita bisa belajar sesuatu nih, B’timers! Saat sedang stres, usahakan untuk mengalihkan perasaan tertekan pada hal-hal yang membubat Anda lebih bahagia. Tak mau kan, jika stres tersebut sampai menulari pasangan atau orang-orang di sekitar Anda?

Share This Article