Stop Persaingan Saudara; Gali Potensi Mereka | Breaktime
Stop Persaingan Saudara; Gali Potensi Mereka
13.11.2017

Ketika anak pertama Anda sudah cukup besar, biasanya Anda akan memperhitungkan untuk memiliki satu lagi momongan untuk menemaninya. Dan pastinya Anda dipenuhi dengan rasa bahagia dan sesekali tertawa geli melihat si adik tumbuh besar dan mulai mengimitasi berbagai macam tindakan yang dilakukan oleh kakaknya. Bagi seorang adik, kakaknya adalah role model yang mengajarinya berbagai macam hal. Kita berharap kerukunan mereka akan terus berlangsung seumur hidup, kan?

Sayangnya, akan ada saat dimana kakak beradik terlibat di dalam pertengkaran, yang hampir semuanya berakar pada perasaan ingin bersaing dalam merebut perhatian dan kasih sayang Anda. Seringkali mereka saling mengamati tindakan dari saudaranya untuk memilah tindakan mana yang harus mereka ambil untuk mendapatkan pujian dari Anda. Dan seringkali sebagai orangtua, we often add more fuels to the fire. Kita sering melupakan bahwa baik kakak dan adik merupakan individu yang berbeda dan memiliki potensi berbeda yang harus digali, yang sayang sekali harus tenggelam karena mereka sibuk bertengkar dan bersaing. Bagaimana ya cara membuat mereka menemukan potensi diri sekaligus mengurangi pertengkaran?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menyuapi Bayi ala Baby Led Weaning, Amankah?

Mungkin hal tersederhana yang sering banget kita lupakan adalah menjauhi pemberian label pada anak-anak kita. B’Timers pasti sudah tahu pemberian bad label pada anak bisa berdampak buruk pada tingkat kepercayaan diri anak. Tapi ternyata memberikan label baik pada kakak-beradik juga bisa memberikan dampak yang buruk, lho.

Memang benar, jika Anda melabeli anak pertama Anda dengan label “anak rajin” maka akan membuat anak pertama Anda merasa bangga. Tapi bagaimana dengan anak Anda yang kedua, dan seterusnya? Anak Anda yang lain akan menganggap bahwa label pencapaian tersebut sudah dimiliki oleh anak lain sehingga ia akan berusaha untuk menemukan label lain yang masih “kosong”, atau mungkin berusaha menggulingkan sang anak pertama demi mendapatkan label tersebut. Melabeli anak-anak Anda hanya akan memperuncing persaingan, jadi sebaiknya hindari mengkotak-kotakkan anak Anda berdasarkan label.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Rahasia dari Gaya Hidup Seimbang dan Bahagia

Poin selanjutnya yang tak kalah penting adalah, hentikan berusaha membanding-bandingkan antara satu anak dengan anak yang lain. Ingat B’Timers, all kids are special in their own way. Mungkin banyak dari Anda yang menganggap bahwa dengan membandingkan satu anak dengan anak yang lain akan membuat mereka lebih termotivasi, dalam hal melakukan hal yang benar mungkin? Padahal bisa jadi anak kedua Anda memiliki potensi untuk menjadi musisi yang hebat. Tapi bagaimana ia bisa menumbuhkan potensinya jika ia selalu membandingkan dirinya dengan saudaranya yang lebih pintar dalam bidang  matematika? 

Stop Persaingan Saudara; Gali Potensi Mereka  | Breaktime
Akar pertengkaran saudara bisa jadi adalah Anda

Setiap Anda membandingkan anak Anda dengan anak yang lain, secara tidak langsung Anda menempatkan satu anak di posisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang lain. Sebagai anak yang berada di posisi terbawah, anak Anda akan berusaha untuk menyaingi kakak atau adiknya dalam hal yang sama karena ia menganggap itulah satu-satunya cara untuk membuat anda bangga.

Tumbuhkanlah sense of individuality dari masing-masing anak, seperti mungkin memberikan mereka kebebasan dalam mendekorasi ruangan kamar mereka atau dengan meluangkan waktu untuk menemani mereka melakukan hal-hal yang mereka suka. Jika si kecil suka membaca, ajaklah ia untuk berbelanja buku-buku bacaan atau ajak dia ke perpustakaan kota. Jika si kecil adalah individu yang aktif, perkenalkan ia dengan berbagai macam jenis olahraga yang bisa ia lakukan hanya dengan Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini Rahasia Keluarga Muda Saat Membeli Mobil!

Mereka akan mengetahui bahwa mereka memiliki jatah untuk mendapatkan perhatian Anda tanpa harus berebut, ditambah lagi mereka akan mendapatkan suntikan kepercayaan diri bahwa Anda akan selalu mendukung mereka dalam menumbuhkan potensi diri.

Meredam siblings rivalry memang akan selalu jadi tantangan para orangtua di masa manapun. Yang Anda butuhkan adalah bagaimana cara mengubah persaingan tersebut menjadi sesuatu yang menyehatkan dan dapat membangkitkan potensi unik yang ada di dalam diri tiap anak. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE