Stop Overthinking! Saatnya Bebaskan Pikiran! | Breaktime
Stop Overthinking! Bebaskan Pikiran Dengan 5 Hal Berikut
14.11.2015

Overthinking alias kebiasaan berpikir berlebihan sebenarnya tak selalu negatif. Hal ini bisa jadi baik apabila Anda menggunakannya untuk hal-hal yang memang diperlukan. Tapi bagaimana jika Anda menjadi overthinking untuk segala sesuatu? Tentunya hal ini sangat melelahkan.

Untuk mencegah dan mengatasinya, B'timers bisa melakukan beberapa hal berikut :

1. Buang pemicunya

Berpikir berlebihan pasti ada pemicunya, bukan? Sebelum Anda masuk ke dalam buaian pikiran yang terlampau jauh, coba tapaki kembali apa yang membuat Anda berpikir seperti saat ini. Pikirkan kembali apakah hal yang membuat Anda berpikir sejauh ini memang sesuai dengan masalah yang Anda alami atau ternyata itu hanya rasa khawatir Anda saja?

2. Tinjau ulang

Ingat B'timers, manusia adalah mahluk sosial yang membutuhkan teman untuk bertahan hidup. Meminta bantuan teman tidak akan membuat Anda terlihat lemah. Justru ketika Anda tahu bahwa Anda tidak bisa menghadapi masalah ini sendiri dan tetap memaksakan diri menjalaninya, segalanya akan menjadi lebih buruk.

Stop Overthinking! Saatnya Bebaskan Pikiran! | Breaktime
Manusia adalah mahluk sosial yang juga membutuhkan teman

3. Istirahatkan mental

Overthinking juga disebabkan oleh faktor lelah yang menyebabkan otak bertahan dalam status waspada. Cobalah untuk meliburkan otak dari berpikir berat dengan cara tertawa dan bersenang-senang sementara waktu. Ajaklah teman Anda untuk bercanda bersama dalam obrolan ringan agar Anda terbebas dari belenggu overthinking.

4. Self control

Apabila masih saja pemikiran berlebihan itu masih muncul, ambilah sebuah cermin dan katakan pada bayangan Anda bahwa Anda baik-bak saja. Katakan juga bahwa semua akan berakhir sesuai rancana Anda. Sebenarnya ini adalah sugesti dan memberikan sikap tegas kepada cara berpikir Anda sendiri. Selain itu, kegiatan ini juga melatih rasa percaya diri Anda.

5. Kembali ke dunia nyata

Hampir semua manusia berpikir bahwa rencananya akan selalu sukses, dan hasil yang didapat sempurna tanpa menyakiti siapapun. Tapi ketahuilah B'timers, bagaimanapun juga Anda adalah seorang manusia yang tidak sempurna. Setiap keputusan pasti ada risiko dan hadiahnya sendiri. Jadi ketika overthinking datang menghampiri, dengan segera putuskan apa yang menurut Anda benar.

Itulah beberapa cara untuk mengendalikan dan membebaskan diri dari sikap overthinking. Apakah B'timers sudah pernah melakukan ini sebelumnya? (wsu)

Share This Article