Stop bandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain! | Breaktime
Stop Membandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain! Mengapa?
11.01.2016
"The grass is always greener on the other side"

Ungkapan tersebut menunjukkan sifat alami manusia yang selalu ingin mendapatkan apa yang dimiliki orang lain. B’timers tanpa sadar akan membanding-bandingan diri dengan orang lain, hingga terlupa bahwa sebenarnya diri Anda jauh lebih baik dari yang Anda bayangkan. Benarkah? Ya! Hal-hal ini membuktikan bahwa tidak semua orang selalu lebih baik dari Anda, lho.

Anda juga seorang manusia

Stop bandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain! | Breaktime
Udara segar yang selalu tersedia gratis

Hal yang tidak boleh B’timers lupakan ialah Anda adalah seorang manusia. B’timers bisa menghirup udara segar, sama dengan semua orang yang ada di dunia ini. Di sisi lain, bahkan ada orang yang harus membayar jutaan hanya untuk menghirup oksigen.

B’timers juga masih bisa melahap makanan dengan nikmat, di saat orang lain yang kurang beruntung harus mengais-ngais sampah untuk bertahan hidup. Anda masih mampu pergi berjalan-jalan, melakukan olahraga, menikmati setiap rangsangan dengan kelima indera Anda dengan sempurna, maka bersyukurlah.

Anda tidak sendirian

Stop bandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain! | Breaktime
Akan selalu ada teman yang tidak pergi saat Anda jatuh

B’timers tidak perlu merasa khawatir karena selalu ada keluarga yang selalu mendukung Anda. Satu atau dua teman dekat yang dimiliki juga membuat hari-hari selalu berwarna. Belum lagi jika Anda memiliki pasangan hidup, terimalah seluruh kebaikan dan maklumi setiap kesalahannya karena tidak ada manusia yang sempurna. Begitu pula dengan Anda, maafkan setiap kesalahan yang telah  Anda perbuat dan puji diri Anda sendiri setelah mampu meraih tujuan.

Anda selalu berkembang

Sadar atau tidak, Anda bukan lagi orang yang sama dengan diri Anda satu-dua tahun yang lalu. B’timers telah berhasil melalui pahit manisnya kehidupan, dari masalah yang mungkin membuat Anda ingin tenggelam ke dasar lubang paling dalam hingga perasaan seperti berada di puncak dunia.

Dengan semua pengalaman yang telah dilalui, B’timers melalui proses belajar dan berevolusi menjadi diri Anda yang lebih baik. Tentunya B’timers akan lebih siap menghadapi rintangan yang muncul di kemudian hari.

Anda memiliki keterampilan khusus

Stop bandingkan Diri Sendiri Dengan Orang Lain! | Breaktime
Anda bebas melakukan apa saja yang diinginkan

Memiliki pekerjaan, bisa membayar tagihan rumah, mampu berkendara sendiri, dan memilih pakaian yang Anda sukai merupakan hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan dan tidak semua orang bisa melakukannya, lho.

B’timers juga memiliki kebebasan untuk menekuni hobi, bebas memanjakan diri sepuasnya, tidak perlu khawatir nanti akan makan apa, semuanya adalah hal yang seringkali Anda lewatkan. Syukurilah bahwa setidaknya Anda masih bisa memiliki tempat aman tersendiri untuk berlindung dan beristirahat. Berkah yang sederhana tetapi mudah terlewatkan dan lupa disyukuri.

Seiring berjalannya waktu B’timers akan merasakan kehilangan akibat putusnya suatu hubungan, Anda juga akan mulai mempertanyakan kenapa hal buruk selalu terjadi pada Anda. Sebenarnya hal tersebut memberikan kesempatan untuk B’timers agar terus berkembang dan mampu menjaga diri sendiri.

Sekali lagi, cobalah resapi lebih dalam apa saja yang sudah B’timers lakukan selama ini, namun sering terlupakan karena terlalu sibuk mengagumi milik orang lain. Jadi, masihkah Anda menginginkan hidup orang lain yang belum tentu indah seluruhnya? (ft)

Share This Article