Sikapi Masalah Lewat 4 Karakter Dasar Manusia | Breaktime
Sikapi Masalah Lewat 4 Karakter Dasar Manusia
17.11.2016

Life is like a roller coaster ride, it has its ups and downs. Quote yang satu ini sangat tepat menggambarkan kehidupan yang kita jalani. Setiap orang tentu pernah mengalami permasalahan, tanpa terkecuali B’timers. Selain quote, mungkin diantara Anda sering mendengar celetukan “Hidup tak pernah lepas dari masalah, karena dari situlah Tuhan mengajarkan kita untuk lebih dewasa”. Hanya saja terkadang menyelesaikan masalah tak semudah membalikkan telapak tangan.

Setiap orang memiliki cara sendiri untuk menghadapi masalah. Nah! Tentu cara-cara ini tak lepas dari karakter yang dimiliki orang tersebut. Jadi itulah sebab pentingnya selain mengenali karakter diri Anda, Anda juga berkewajiban mengenali karakter orang-orang di sekitar Anda. Lewat pengenalan karakter ini maka secara tidak langsung Anda akan dibimbing untuk dapat secara cerdas menyelesaikan masalah dengan meminimalisir risiko yang ada.

Jika Anda atau lawan Anda memiliki karakter sanguin, maka cara cerdas menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi yaitu cobalah untuk lebih sabar dengan menjadi pendengar terlebih dahulu, karena jika Anda menyela penjelasan yang diberikan maka duduk perkara tidak akan dapat terselesaikan. Hal ini mengingat tipikal sanguine yang memiliki cukup emosional. Saat dirasa keadaan sudah cukup kondusif maka mulailah untuk berbicara secara perlahan. Meskipun tergolong temperamental namun tipe sanguine tidak pernah malu untuk meminta maaf, lho

Sikapi Masalah Lewat 4 Karakter Dasar Manusia | Breaktime
Tersenyum bisa membuat Anda tetap tenang

Saat menghadapi karakter melankolis maka hal yang perlu dilakukan adalah kontrol emosi, jangan berbicara dengan menggunakan nada tinggi,  karena melankolis cenderung memiliki hati yang halus dan lebih sensitif. Jadi kalau nada yang digunakan tinggi dikhawatirkan justru akan memicu masalah baru dan menyebabkan kesalahpahaman. Sebenarnya melankolis ini tipikal yang mau mendengarkan penjelasan, kok.

Seperti halnya tipe sanguine, tipe koleris ini juga memiliki tingkat emosional yang lebih tinggi hingga terkesan tak ‘mau kalah’ dan ‘keras kepala’. Oleh sebab itu menjadi pendengar adalah langkah awal untuk meredakan tingkat emosi koleris. Eits, tapi jangan negative thinking dulu ya, karena karakter yang satu ini justru akan secara ‘legowo’ untuk berusaha memperbaiki kesalahan.

Dari ketiga karakter sebelumnya tipe karakter plegmatis merupakan tipikal yang lebih muah diajak untuk bernegosiasi dalam menyelesaikan masalah. Mengingat tipikal ini memang cenderung sabar dan tidak senang dengan perselisihan, maka hal ini yang membuatnya untuk lebih memilih penyelesaian win win solution.

Terlepas dari bagaimana cara cerdas menghadapi permasalahan yang ada lewat karakter, tentu hal terpenting yang harus tertanam dalam benak B’timers saat berada dalam tekanan adalah jangan pernah gegabah dalam mengambil keputusan. Tenangkan hati  dan kembali memikirkan masalah tersebut secara jernih melalui berbagai sudut pandang. Sebagaimana kata bijak mengatakan, “most of the problem in life are because of two reason, we act without thingking or we keep thingking without acting”.  (nk)

Share This Article