Stalking di Sosmed Bisa Bikin Iri & Rendah Diri | Breaktime
Sering Stalking di Sosmed Bisa Bikin Iri dan Rendah Diri, Lho
24.11.2015
“We are all drowning in information yet starving for wisdom.”

Seru memang scorolling down berbagai berita dan kabar teman yang ada di media sosial. Mungkin Anda akan kagum dengan berita teman yang kini karir dan hidupnya sudah melesat tinggi. Hingga tanpa sadar Anda mulai merasa iri karena membanding-bandingkan keberhasilan teman dengan diri sendiri. Alhasil, rasa rendah diri pun mulai menyergap. Nah, apa yang harus dilakukan?

Hentikan membaca semua informasi

Kecanduan memantau berita teman di media sosial memang sering terjadi. Sayangnya, “we are all drowning in information yet starving for wisdom.” Menelan banyak informasi di media sosial ternyata tak melahirkan apapun selain hati yang sering galau dan tak tentram. Yes, sadly it happens so many times. Oleh karena itu, hentikan membaca semua postingan teman di sosmed.

Bagikan konten yang inspiratif

Yap, lebih baik Anda fokus pada akun sendiri dengan membagikan informasi yang inspiratif dan bermanfaat bagi banyak orang, tak hanya diri sendiri. Sebagai contoh, bagikan saja tips memasak, membuat kerajinan, atau merawat tanaman yang pernah Anda lakukan atau ingin lakukan. Aktivitas ini akan lebih mengalirkan perasaan positif dan edukatif.

Stalking di Sosmed Bisa Bikin Iri & Rendah Diri | Breaktime
Jangan keseringan memantau media sosial

Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Myungsuh Lim dan Ehwa Yang  dari Womens University di Korea menuturkan bahwa akrab dengan sosial media bikin Anda mudah memandingkan diri dengan orang lain. Alhasil, B’timers jadi lebih mudah rendah diri.

Padahal, tahukah Anda bahwa ada banyak orang di luar sana yang sebenarnya sangat iri dengan kehidupan yang B’timers jalani saat ini? Yap, lihatlah kondisi orang yang berada di bawah Anda and stop comparing yourself with others.

Stalking di Sosmed Bisa Bikin Iri & Rendah Diri | Breaktime
Cintai diri Anda seutuhnya dan jangan membandingkannya dengan orang lain

Jangan terjebak dengan “topeng”

Di sosial media, orang bisa menuliskan dan membagikan apa saja untuk pencitraan. Namun, siapa yang tahu kondisi dan karakter asli mereka? Bagaimana bila orang yang terlihat baik-baik saja di sosmed ternyata sangat menjengkelkan di dunia nyata? Tentunya, B’timers tak akan pernah tahu hal ini karena jelas mereka akan menutupinya.

Gunakan sosial media seperlunya

Jangan rela bila bermain sosmed menyita waktu Anda untuk lebih produktif. Paling tidak, manfaatkan sosmed untuk aktualisasi diri Anda seutuhnya. Temukan grup khusus untuk mendiskusikan apa yang jadi interest dan passion dan reguk informasi bermanfaat di sana. Atau berbagilah berita hanya dengan orang yang Anda mengenalnya dengan baik di dunia nyata.

Sungguh, tidak ada alasan yang layak bikin Anda iri atau rendah diri hanya karena postingan teman di sosial media. Syukurilah semua hal nyata yang terjadi pada Anda dan tetaplah menjadi orang yang aktif berkarya di dunia nyata, meski tak banyak orang yang tahu. (vsc)

Share This Article