Sering Mimpi Buruk? Mungkin Inilah Sebabnya | Breaktime
Sering Mimpi Buruk? Mungkin Inilah Sebabnya
13.03.2016

Ketika Anda bangun dari tidur dan ketakutan karena mimpi buruk, mungkin Anda berpikir bahwa Anda adalah satu-satunya orang dewasa yang mengalaminya. Ya, mengingat selama ini mimpi buruk umumnya terjadi pada anak-anak. Namun orang dewasa juga bisa saja sering mimpi buruk. Menurut data statistik dari sebuah penelitian, 2 hingga 8 persen orang dewasa mengalami mimpi buruk dengan intensitas yang cukup tinggi. Jika B’timers mengalami hal tersebut, penting bagi Anda untuk mengetahui penyebab agar bisa melakukan perubahan untuk menghilangkan kebiasaan tersebut.

Sering Mimpi Buruk? Mungkin Inilah Sebabnya | Breaktime
Mimpi buruk yang terlalu sering patut diwaspadai

Apa penyebabnya?

Pada dasarnya, mimpi buruk pada orang dewasa terjadi secara spontan. Namun, dalam beberapa kasus orang dewasa yang sering mimpi buruk, hal itu bisa saja disebabkan karena seringnya ngemil tengah malam. Makan camilan bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan memberi sinyal pada otak agar lebih aktif. Karena ketukan dan aktifnya otak, alam bawah sadar membawa hal-hal buruk dan membuat Anda mengalami mimpi yang mengerikan.

Selain ngemil, konsumsi obat-obatan juga merupakan salah satu pemicu mimpi buruk. Obat seperti anti depresi dan narkotika adalah obat-obatan berbahaya yang menjadi penyebab terbesar terjadinya mimpi buruk. Obat lainnya yang berpotensi membuat orang dewasa mengalami mimpi tidak mengenakkan adalah obat untuk menaikkan atau menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi alkohol dan kurang tidur juga bisa saja membuat Anda didatangi mimpi buruk, B’timers.

Sering Mimpi Buruk? Mungkin Inilah Sebabnya | Breaktime
Ngemil juga bisa memicu datangnya mimpi buruk

Ada beberapa hal lainnya yang memicu datangnya mimpi buruk secara psikologis. Di antaranya adalah gangguan kecemasan dan depresi. Gangguan stres pasca-trauma atau yang lebih dikenal dengan PTSD juga biasa menyebabkan mimpi buruk yang kronis atau berulang-ulang. Yang mengejutkan, sering mimpi buruk juga bisa terjadi karena genetika. Jika dalam riwayat keluarga ada yang sering mengalami mimpi buruk, hal itu bisa saja diturunkan ke anggota keluarga lainnya.

Berbahayakah untuk kesehatan dan bagaimana mengatasinya?

Mimpi buruk menjadi jauh lebih dari mimpi buruk ketika mereka memiliki pengaruh yang signifikan pada kesehatan dan kesejahteraan. Di antara orang-orang yang mengalami mimpi buruk , mereka yang cemas atau depresi lebih mungkin terdorong memiliki penyakit jiwa. Parahnya, mimpi buruk juga kerap dikaitkan sebagai penyebab bunuh diri. Karena mimpi buruk bisa saja menimbulkan dampak yang signifikan pada kualitas hidup Anda, maka berkonsultasilah dengan profesional medis jika Anda mengalami mimpi buruk yang sering.

Selain itu, cobalah untuk menghindari melakukan hal-hal pemicu mimpi buruk seperti yang telah dijelaskan di atas. Nah, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda yang sering mimpi buruk ya, B’timers! (nap)

Share This Article