Sering Merasa Minder? Anda Wajib Baca Ini! | Breaktime
Sering Merasa Minder? Anda Wajib Baca Ini!
16.01.2017

B’Timers, apakah Anda termasuk jenis orang yang sering merasa serba ‘kurang’ dari orang lain? Apakah Anda sering bertemu dengan hari dimana Anda senantiasa membandingkan diri dengan orang lain dan menemukan diri Anda terpenjara di dalam perasaan kurang cantik, kurang tampan, kurang pintar, kurang kaya, dan perasaan kurang yang lainnya? Well B’Timers, Anda tidak sendiri.

Perasaan minder atau kurang percaya diri adalah sebuah perasaan yang dirasakan oleh setiap orang, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk yang tidak lepas dari cela. Setiap orang memiliki kelebihan dan di saat yang sama mereka juga memiliki kelemahan. Perasaan tidak percaya diri timbul sebagai dampak dari kesadaran Anda setelah menemukan bahwa ternyata Anda juga memiliki kekurangan dalam diri Anda. Akan tetapi, bagi sebagian orang rasa ketidakpercayaan diri tersebut seakan-akan menyelimuti diri mereka sehingga menghalangi mereka dari melihat kelebihan dan potensi diri mereka. Akan tetapi, mengapakah orang-orang tersebut sering merasa tidak percaya diri?

Perasaan insecure yang sangat besar tersebut tentu tidak muncul begitu saja. Pada umumnya, orang dapat merasakan sindrom rendah diri yang sedemikian sangat akibat trauma di masa lalu. Tentunya Anda juga mengetahui bahwa dalam setiap lembar kehidupan, Anda akan bertemu dengan berbagai macam orang dan mengalami berbagai macam peristiwa yang tidak jarang efeknya sedemikian besar hingga merubah persepsi Anda terhadap diri Anda sendiri dan orang lain.

Dan salah satu peristiwa dalam hidup yang berdampak cukup besar pada kehidupan Anda adalah kegagalan atau penolakan. Tentu saja semua orang akan mengalami peristiwa kegagalan dan penolakan, dan mungkin Anda adalah salah satu orang yang memiliki cukup kekuatan untuk bangkit dan kembali memicu langkah Anda. Akan tetapi, bagi orang-orang yang sudah memiliki insecurity atau yang tidak terbiasa mengalami kegagalan, hal tersebut dapat menjadi pukulan keras bagi mereka dan meninggalkan bekas dalam jangka waktu yang lama.

Sering Merasa Minder? Anda Wajib Baca Ini! | Breaktime
Yuk, berlatih memberikan energi positif pada diri!

Selain itu, faktor perfeksionisme juga menjadi salah satu faktor utama mengapa seseorang dapat merasa insecure. Mungkin Anda atau orang lain memiliki standar yang sangat tinggi dalam hidup, dimana Anda mengharapkan kesempurnaan di setiap tahapan hidup Anda. Akan tetapi, tentu saja seperti kata pepatah, life is not all rainbow and butterflies. Seringkali dalam hidup, Anda akan didera dengan kenyataan pahit bahwa hidup Anda tidak bisa dan tidak akan pernah sempurna. Akan ada masa di dalam hidup dimana banyak hal terjadi tidak sesuai dengan keinginan Anda, dan bagi Anda yang memiliki sifat perfeksionis Anda bisa jadi tenggelam dalam self-blaming atau menyalahkan diri sendiri, dan pada akhirnya hal tersebut akan menyeret Anda ke dalam jurang insecurity.

Atau mungkin, seseorang yang perfeksionis itu bukan Anda melainkan orang lain? Mungkin orang itu adalah orangtua Anda, atau pasangan hidup Anda? Atau mungkin Anda pernah berhubungan dengan seseorang yang perfeksionis dan gemar mengkritik Anda dengan kata-kata yang tajam. Mungkin orang tersebut sering membesar-besarkan kesalahan kecil yang Anda buat dan mengecilkan prestasi-prestasi yang Anda capai? Trauma di masa lalu juga dapat membuat seseorang memiliki kepercayaan diri yang rendah. Korban kekerasan fisik dan seksual juga seringkali memiliki rasa ketidakpercayaan diri yang sangat tinggi.

Dan yang harus dilakukan adalah, melewati itu semua. Tentu saja Anda tidak akan dapat menghilangkan rasa insecurity tersebut secara total, akan tetapi paling tidak perasaan negatif tersebut tidak akan menahan langkah Anda untuk mencapai kesuksesan. Anda dapat memulainya dengan mencintai diri sendiri. Ya, cintailah diri Anda, beserta dengan kekurangan yang Anda miliki, cintailah diri Anda tidak hanya ketika Anda sedang berhasil tetapi juga terimalah kegagalan Anda dengan tangan terbuka. Hal tersebut akan sangat membantu untuk menghalau self-critic dan mengubahnya menjadi motivasi untuk menjadi lebih baik. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE