Sering Menangis Bikin Kita Lebih Kuat, Benarkah? | Breaktime
Sering Menangis Bikin Kita Lebih Kuat, Benarkah?
04.04.2017
“Don’t forget that you’re human. It’s okay to have melt down. Just don’t unpack and live there. Cry it out and then refocus on where you are headed” – Annonymous

Menangis adalah salah satu bentuk emosi dari seorang manusia demi mengungkapkan apa yang ada di dalam hati mereka. Dan tidak sedikit yang mengatakan, orang yang menangis itu adalah seseorang yang lemah. Nah, karena itulah banyak orang lebih memilih untuk menyembunyikan perasaan sedih dan juga air matanya di hadapan orang lain. Ya, ini karena kita tidak ingin terlihat tak berdaya di hadapan orang lain, B’timers.

Sering Menangis Bikin Kita Lebih Kuat, Benarkah? | Breaktime
Seseorang yang cengeng, bukan berarti mereka makhluk lemah

Well, padahal yang sebenarnya adalah, keberanian kita mengungkapkan perasaan negatif yang terasa di dalam jiwa, merupakan tanda bahwa kita termasuk orang yang kuat, lho. Namun sayangnya tidak semua manusia berani untuk mengekspresikan kesedihannya. Terutama yang disertai dengan air mata. Tangis adalah tanda dari ketidakdewasaan yang dimiliki seseorang. Eits, jangan ikut menyalahkan rasa sedih di dalam diri Anda karena hal ini, lho, B’timers.

Karena ternyata menurut penelitian, sering menangis dapat bikin kita menjadi jauh lebih kuat daripada sebelumnya, lho.

Baca juga: ANAK TERTUA? TERNYATA INI MANFAATNYA UNTUK ANDA!

Cobalah Anda perhatikan, apakah Anda menyembunyikan senyuman atau tawa di saat Anda merasakan kebahagiaan yang berlipat, B’timers? Memang adalah hal yang wajar untuk membagikan senyuman kita pada dunia, tetapi sebaliknya jangan tunjukkan tangisan ke hadapan orang asing. Eits, dengan fakta satu ini, Anda akan mengubah pandangan terhadap air mata kesedihan, nih.

Sering Menangis Bikin Kita Lebih Kuat, Benarkah? | Breaktime
Jangan tahan air mata. Biarkan dia mengalir membasuh kesedihan

Air mata justru merupakan tanda bahwa seseorang jauh lebih berani dibandingkan orang lain. Mereka berani menunjukkan bentuk emosi negatif. Mereka menangis tanpa mempedulikan apa yang ada dalam pikiran orang lain mengenai diri mereka. Dan hal yang harus Anda ketahui adalah, diri Anda pun berhak untuk menunjukkan perasaan Anda. Seburuk apapun itu.

Baca juga: TIPS UNTUK MENINGKATKAN HUBUNGAN DENGAN ORANGTUA

Ketahuilah bahwa menurut penelitian, air mata memiliki sifat penyembuhan. Dan tidak hanya itu saja, lho, B’timers. Air mata dapat membantu Anda menyingkirkan stres, kecemasan, kesedihan dan frustasi yang dirasakan otak dan tubuh Anda. Air mata yang Anda keluarkan karena menangis, menyingkirkan perasaan negatif yang menumpuk di dalam diri Anda. Bahkan air mata bahagia pun memiliki manfaat.

Sering Menangis Bikin Kita Lebih Kuat, Benarkah? | Breaktime
Ingat ketika kecil Anda tidak pernah ragu untuk menangis?

Selain menyingkirkan stres, air mata, khususnya air mata karena perasaan negatif, memiliki manfaat di dalam hidup Anda. Dan salah satunya adalah membantu tubuh Anda dalam melepaskan racun, bantu memperbaiki indera pengelihatan hingga membantu membunuh sebanyak 90 – 95 % bakteri di dalam mata hanya dalam waktu 5 – 10 menit saja, lho, B’timers. So, don’t you afraid to cry on!

Baca juga: MELAKUKAN KESALAHAN HARI INI? AMBIL PELAJARANNYA

Tahukah Anda jika ternyata menangis bisa menjadi terapi yang dibutuhkan oleh jiwa Anda, B’timers? Ini seperti yang dibuktikan dalam penelitian psikologi terbaru. Menangis bisa membantu merangsang otak Anda untuk melepaskan hormon endorphin atau zat kimia yang membuat kita merasa bahagia dan lebih baik. Tak mengherankan, jika setiap habis menangis kita akan merasa jauh lebih tenang, B’timers?

Sering Menangis Bikin Kita Lebih Kuat, Benarkah? | Breaktime
Menangislah dan biarkan tekanan di dalam jiwa tersembuhkan

Meskipun masalah yang Anda hadapi seringkali masih ada setelah Anda selesai menangis, namun karena hormon merasa bahagia yang dilepaskan ini, Anda tidak lagi melihat betapa beratnya masalah yang ada di depan mata, B’timers. Bahkan sangat mungkin setelah menangis, Anda bisa menemukan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut, lho.

Yang terakhir adalah, menangis tidak hanya terbatas untuk salah satu jenis gender saja, B’timers. Kaum wanita dan pria sama-sama memiliki hak yang serupa untuk menangis. (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE