Pikiran Negatif Ternyata Sinyal Anda Butuh Liburan | Breaktime
Sering Berpikiran Negatif, Tandanya Anda Butuh Liburan!
03.07.2015

B’timers, banyak yang menganggap sepele kegiatan liburan. Padahal, kurang liburan bisa menimbulkan berbagai hal buruk, salah satunya adalah munculnya pikiran-pikiran negatif. Dan ternyata, hal ini didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2015 silam.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Gregory Bratman dkk dari Standford University yang menggelar sebuah uji coba terhadap 19 responden. Sembilan belas reponden tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diarahkan untuk berjalan-jalan di tempat terbuka dengan berbagai pemandangan hijau selama 90 menit. Kelompok kedua diarahkan untuk menghabiskan waktu di salah satu jalanan tersibuk di sekitar Palo Alto dengan waktu yang sama dengan kelompok sebelumnya.

Liburan di alam berdampak besar untuk pikiran
Liburan di alam berdampak besar untuk pikiran

Sebelum dan sesudah berjalan-jalan selama 90 menit, mereka semua diberi kuesioner dan dilakukan pemindaian aktivitas otak. Dan hasilnya cukup mengejutkan, responden yang berjalan-jalan di alam terbuka, mengalami penurunan aktivitas otak di bagian yang berhubungan dengan penyakit mental. Tidak hanya itu saja, kuesioner juga menunjukkan bahwa orang-orang yang menghabiskan waktu di area padat, memiliki pikiran negatif yang lebih tinggi.

Bekerja keras boleh-boleh saja B’timers, tapi berikan waktu pada tubuh untuk beristirahat dan memulihkan kondisi, ya. Dengan demikian, pikiran pun jadi lebih tenang dan tak terbebani dengan hal-hal negatif. Selamat berlibur!

Share This Article